Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Rabu, 25 September 2019

Menilik 4 Jenis dan Manfaat Mentega Putih


Mentega merupakan lemak yang digunakan untuk pembuatan kue yang diproses dari lemak susu dengan mengocoknya hingga menjadi padat. Tekstur mentega lembut sehingga akan menambah rasa kue dan pemakaian mentega biasanya akan memberikan rasa haru dan gurih pada makanan yang diolah. Pemakaian mentega akan membuat tekstur keju menjadi kurang kokoh karena terdapat emulsi yang kurang sehingga perlu ada tambahan. Salah satu jenis mentega adalah mentega putih.


Jadi mentega putih terbuat dari lemak nabati yang terdiri dari beberapa jenis diantaranya:

  • Hollman soft cream dengan tekstur yang lebih lembek dan memiliki aroma enak, untuk campurannya sebaik menggunakan 1:1.
  • Coating fat merupakan mentega yang digunakan untuk melapisi makanan seperti biskuit, wafer, atau bahan makanan lainnya untuk menjaga kelembabannya. Fungsi mentega sebagai pelarut coklat walaupun memiliki harga yang mahal tetapi hasilnya lebih mengkilap dan memiliki rasa yang enak.
  • Frying fat merupakan mentega yang digunakan untuk menggoreng, minyak goreng padat ini dapat digunakan dalam 5 hingga 6kali penggorengan dan akan menjadi padat setelah dingin kembali dan makanan akan tetap kering.
  • Shortening merupakan jenis bahan kue yang terbuat dari lemak nabati tanpa penggunaan air maupun garam dengan 100% air.

Mentega memiliki kandungan vitamin A, E dan K serta selenium yang dapat menangkal radikal bebas untuk membantu kesehatan jantung. Terdapat senyawa lecithin yang mencegah kadar kolesterol naik dalam darah. Selain itu, mengandung mineral, kalsium dan juga fosfor yang baik untuk tulang dan gigi, begitu juga yodium yang membantu sistem pencernaan. Asam lemak yang terdapat dalam mentega akan melindungi pencernaan dari infeksi.

Untuk mengetahui harga mentega hanya cukup mengakses di Tokowahab, walaupun banyak digunakan untuk kue tetapi belum banyak yang mengetahui kegunaannya. Mentega dapat menjaga kesehatan kulit, sebagai obat untuk menyembuhkan osteoporosis dan arthritis, mencegah penyakit kronis dan infeksi terhadap jamur. Mentega dapat dijadikan menu sehat dan meningkatkan sistem imun tubuh, serta sebagai masker wajah yang menghaluskan wajah dan flek hitam. Beberapa manfaat ini menunjukkan bahwa mentega dapat digunakan untuk makanan dan untuk kesehatan sehari-hari penggunaan luar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar