Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Sabtu, 05 Oktober 2019

Jangan Tunggu AC Mobil Tidak Dingin! Hindari Kerusakan Dengan Service Tepat Waktu


Kapan waktu terbaik untuk melakukan service terhadap AC mobil? Jawabannya tentu tergantung juga kepada pemakaian dan kondisi AC. Jika kondisi AC sudah menunjukan tAnda-tAnda kerusakan, maka Anda harus segera membawanya ke bengkel untuk service. Biasanya masalah yang sering terjadi adalah AC mobil tidak dingin. Jika gangguan ini sudah terjadi, biasanya akan diikuti oleh kerusakan yang lain. Maka lebih baik Anda service besar.

Service besar dilakukan biasanya dalam setahun sekali untuk mengganti komponen-komponen yang sudah lama digunakan. Kendaraan yang lama tidak diservis tentu mengalami berbagai keluhan yang beragam. Maka pilihlah bengkel dan ceritakan secara rinci apa saja yang menjadi keluhan AC mobil Anda. Dengan begitu jenis kerusakan pada AC mobil Anda dapat segera ditangani dan segera mengganti komponen yang sudah rusak.

Kapan waktu yang tepat untuk melakukan service AC pada mobil ?

  1. Service Skala Besar
Service besar merupakan jenis service yang biasanya digunakan untuk mengecek kondisi mobil secara keseluruhan dan mengganti bagian-bagian yang mengalami kerusakan. Idealnya servis skala besar dilakukan ketika mobil sudah menempuh jarak 10000 – 20000 km atau diperkirakan paling tidak dalam jangka waktu satu tahun.

Komponen yang harus diganti ketika service besar antara lain adalah kampas rem, Freon AC dan ban. Freon AC inilah yang paling sering rusak sehingga AC menjadi tidak dingin. Cobalah juga untuk mengecek kompresor atau bagian inti dari sistem AC. Jika terjadi kerusakan segera gantilah dengan yang baru. Karena kompresor yang sudah aus dapat menyebabkan AC tidak menyala.

  1. Service Skala Kecil
Service skala kecil biasa dilakukan dalam kurun waktu yang dekat. Biasanya untuk mengganti komponen tertentu yang dijadwalkan untuk diganti. Pengecekan dan penggantian biasanya adalah komponen tambahan yang kecil. Bukan komponen yang besar seperti telah disebutkan sebelumnya pada service besar.

Servis ini dilakukan setelah kendaraan menempuh jarak antara 5000 – 10000 km. Contoh service kecil adalah mengganti oli, aki, mengecek kondisi AC, dan membersihkan kotoran yang menempel.

Ketika service AC mobil Pastikan untuk mengecek perputaran AC, kondensor, dan freon dalam kondisi prima tanpa sumbatan debu dan kotoran. Jika  ada, Anda bisa meminta tolong montir untuk membersihkan sela komponen AC.

  1. Service Berdasarkan Kebiasaan Pengguna
Bagaimana biasanya Anda ketika berada di dalam mobil? Apakah sering merokok? Tentu bagaimana kebiasaan pengguna akan mempengaruhi waktu service. Jika penggunanya sering merokok dan jarang membersihkan interior tentu membutuhkan waktu service yang lebih sering dibandingkan dengan mobil yang selalu dirawat karena resiko kerusakannya jauh lebih tinggi.

  1. Service Berdasarkan Penggunaan
Kendaraan yang sering digunakan ataupun memiliki beban yang berat tentu saja membutuhkan perawatan yang ekstra dibandingkan dengan yang dipakai untuk sesuatu yang ringan. Apalagi jika mobil digunakan untuk melewati medan yang berat seperti jalan berlumpur, berdebu, kasar, berbatu, pegunungan, dan daerah ekstrim lainnya tentu membutuhkan perawatan berkala.

Berkaitan dengan AC, biasanya penyebab masalahnya adalah jika Anda sering melewati daerah yang berdebu. Saringan udara harus Anda bersihkan secara teratur. Seringlah mengecek bagian kondensor dan sistem AC untuk menghindari penumpukan kotoran yang dapat menyumbat dan menghambat kinerja AC. Segeralah service AC mobil Anda jika dirasa sudah banyak komponen yang tersumbat.

Demikian beberapa kondisi yang mengharuskan Anda untuk melakukan service AC. Untuk mengetahui berbagai hal mengenai kerusakan dan penyebab AC mobil tidak dingin dapat dilihat pada video berikut ini:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar