Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Selasa, 12 November 2019

Cara Mencuci Tangan dengan Benar Menurut WHO

Sejak masih berada di bangku sekolah dasar, kita sudah sering diberi tahu bahwa mencuci tangan itu penting. Cara mencuci tangan dengan sabun yang baik dan benar pun sering dipraktekkan secara langsung dalam pelajaran Pengenalan Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Tujuannya, agar kita tahu bagaimana mencuci tangan dengan benar dan bisa mempraktekannya ketika di rumah.

Mencuci tangan memang sepenting itu. Tangan kita bisa dibilang sebagai sarang kuman karena banyak benda yang disentuh dengan menggunakan kedua telapak tangan. Mulai dari uang, gadget, hingga gagang pintu.

Waktu yang Tepat untuk Cuci Tangan
Mencuci tangan bertujuan untuk membunuh kuman-kuman yang menempel di tangan. Karena itulah, kamu perlu mencuci tangan di waktu-waktu tertentu. Berikut ini adalah 10 waktu yang tepat untuk mencuci tangan :
  1. Sebelum dan sesudah makan
  2. Setelah selesai menggunakan toilet atau kamar mandi
  3. Sebelum mulai memasak dan menyiapkan makanan
  4. Setelah mencuci bahan makanan berupa daging mentah, unggas mentah, dan telur hewan
  5. Sebelum dan sesudah melakukan kontak langsung dengan orang yang sakit
  6. Sebelum mengganti pokok dan juga setelah selesai melakukannya
  7. Jika kamu bersin atau batuk dan menutupnya dengan tangan, kamu juga perlu cuci tangan
  8. Setelah memungut atau memegang sampah
  9. Setelah bermain dan menyentuh dan juga setelah membersihkan kandang hewan peliharaan
  10. Setelah memegang uang, gadget atau perangkat elektronik lainnya
Dari sepuluh waktu tersebut, kamu mungkin sering mengabaikan beberapa di antaranya. Yang paling sering adalah setelah memegang uang dan smartphone atau gadget. Padahal kedua benda ini adalah sarang kuman meskipun tidak ada kotoran yang menempel.

Cara Mencuci Tangan Dengan Benar
Setelah kamu mengetahui waktu yang tepat untuk mencuci tangan, sekarang saatnya kamu tahu cara mencuci tangan pakai sabun dengan benar yang direkomendasikan oleh WHO. Di bawah ini ada 6 langkah cuci tangan dengan benar menurut WHO.
  1. Langkah yang pertama, basahi kedua telapak tangan dengan air yang mengalir. Kemudian ambil sabun secukupnya dan gosok-gosok kedua telapak tangan dengan perlahan.
  2. Langkah yang kedua, usap bagian punggung tangan secara bergantian
  3. Langkah yang ketiga, bersihkan sela-sela jari tangan
  4. Langkah yang keempat, bersihkan bagian ujung jari dan sela-sela kuku
  5. Langkah yang kelima, usap bagian ibu jari dengan gerakan memutar. Lakukan ini pada masing-masing ibu jari secara bergantian
  6. Langkah yang keenam, usap bagian pergelangan tangan secara bergantian
Setelah melalui 6 langkah tersebut, saatnya membasuh kedua tangan dengan menggunakan air mengalir sampai benar-benar bersih dan tidak meninggalkan sisa busa sabun. Jangan lupa keringkan kedua tangan menggunakan handuk bersih.

Manfaat Cuci Tangan Dengan Benar
Jadi, apa manfaat yang didapatkan setelah mencuci tangan dengan benar? Tentu saja tangan kamu akan bersih dari kuman. Selain bebas dari kuman, kamu juga akan mendapatkan 3 manfaat dari cuci tangan berikut ini, yaitu :
  1. Terhindar dari risiko gangguan pada mata, mulai dari iritasi, infeksi, hingga yang paling parah trakoma
  2. Terhindar dari risiko diare dan cacingan
  3. Terhindar dari gangguan sistem pernapasan, seperti batuk, dahak berlebih, tenggorokan gatal, sesak napas, dan gangguan lainnya
Itulah beberapa hal mengenai cuci tangan, mulai dari waktu yang tepat untuk mencuci tangan, cara mencuci tangan pakai sabun dengan benar sesuai rekomendasi WHO, dan manfaat yang didapatkan setelah mencuci tangan. Ingat ya, mencuci tangan itu penting. Terutama di waktu-waktu yang disarankan untuk mencuci tangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar