Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Kamis, 21 November 2019

Mengenal Macam Bahan Baku Oli dan Kekentalan Oli Motor

Mengenal-Macam-Bahan-Baku-Oli-dan-Kekentalan-Oli-Motor
Memiliki sebuah kendaraan pribadi yang nyaman dan selalu terawat tentu menyenangkan. Namun bagaimana jadinya jika kendaraan yang seharusnya mengantar kita kemanapun justru mengalami kerusakan dan menyebabkan kerugian finansial? Tentunya hal ini bisa menjadi masalah bagi Anda. Nah oleh sebab itu, yuk kenali kekentalan oli di situs motor satu ini agar bisa merawat mesin kendaraan Anda!
Macam Bahan Baku Oli Motor
Selain berfungsi untuk merawat komponen mesin agar tetap halus, oli motor juga berguna untuk membersihkan kotoran dan mengurangi karat. Lalu, sebenarnya terbuat dari bahan apakah zat satu ini? Usut punya usut, ini dia 4 jenis oli dilihat dari bahan dasarnya, yakni :
  1. Oli Mineral
Oli ini dinamakan oli mineral karena bahan dasarnya dibuat dari bahan mineral dan juga diproses dengan metode penyulingan.
  1. Oli Vegetable
Sesuai namanya, oli ini dibuat dari bahan-bahan alami tumbuhan. Biasanya, minyak dari tumbuhan Jarak yang sering digunakan. Adapun sifat dari pelumas ini kebanyakan sangat pas untuk motor racing. Namun harganya yang mahal dan proses oksidasi yang cepat menjadikan oli jenis ini jarang dipilih.
  1. Oli Synthetic
Oli yang bahan dasarnya dibuat dari petroleum ini diproses dengan cara kimiawi untuk bisa menghasilkan viskositas yang stabil. Kelebihan dari oli synthetic yakni kestabilannya dan harga yang terjangkau.
  1. Oli Semi Syntetic
Terakhir, ada oli jenis semi synthetic yang lebih murah dari jenis synthetic. Meski begitu, oli ini juga sangat berkualitas dan tidak kalah dengan yang lainnya.
Mengenal Kekentalan Oli Motor
Setelah mengenal bahan dasar oli, berikut ini ada fakta tentang kekentalan oli yang wajib diketahui untuk pemilik kendaraan pemula di situs motor satu ini, antara lain kekentalan oli disebut SAE dan merupakan pembeda kelas oli dilihat dari kekentalan itu sendiri. Oli yang memiliki nilai SAE rendah berarti sangat encer. Sebaliknya, oli yang nilainya SAE tinggi berarti sangat kental.
Selain itu, biasanya akan ada kode pada kemasan oli. Kode ini bukan menunjukkan encer atau tidaknya, melainkan lebih kepada kemampuan oli dalam beradaptasi pada suhu tinggi atau rendah.
Demikian uraian tentang kekentalan oli di situs motor ini. Semoga memberi manfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar