Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Minggu, 22 Desember 2019

Atasi Rambut Kering dengan 5 Bahan Alami Ini

Atasi-Rambut-Kering-dengan-5-Bahan-Alami-Ini
Rambut kering biasanya akan terlihat kusam dan lepek. Kemudian rambut kering rentan terkena rontok dan ketombe. Dampak dari rambut kering ialah batang rambut Anda tidak bisa menyerap atau mempertahankan kelembabannya. Helai rambut Anda pun menjadi rapuh dan ujungnya bercabang. Ketika rambut Anda mulai kering, sebaiknya segera mencari cara mengatasi rambut kering , baik itu menggunakan bahan alami atau produk kecantikan.

Cara Mengatasi Rambut Kering dengan Bahan Alami

Kondisi rambut yang kering dapat disebabkan beberapa hal, diantaranya penyakit, kekurangan gizi, dan menggunakan produk rambut yang mengandung bahan aktif terlalu kera. Selain itu, mencuci rambut yang berlebihan, terlalu sering terkena sinar yang mengandung klorin, dan sering menggunakan alat styling rambut dapat menjadi penyebab rambut Anda mudah rusak dan kering.
Untuk mengatasi rambut kering, Anda dapat menggunakan bahan alami yang akan diuraikan di bawah ini.

  1. Minyak Zaitun
Minyak zaitun memang populer sebagai bahan rumahan yang dapat mengatasi permasalahan pada rambut rusak. Kandungan vitamin E dan antioksidan yang melimpah bermanfaat menutrisi kembali rambut yang rusak.

Cara kerja minyak zaitun ialah dengan cara menyelimuti kutikula (lapisan luar rambut) dengan kelembaban. Cara mengaplikasikannya yaitu dengan menghangatkan terlebih dahulu minyak zaitun, kemudian oleskan pada rambut Anda sembari melakukan pijatan kecil.

  1. Telur
Sumber protein telur yang kaya akan lesitin dapat memperbaiki rambut Anda yang mengalami kerusakan. Dalam hal ini telur dapat membantu rambut kering Anda sehingga tampak lebih berkilau. Caranya campurkan tiga butir telur dengan satu sendok minyak zaitun dan madu. Kemudian oleskan pada rambut Anda, tunggu selama 30 menit dengan menggunakan shower cap. Terakhir cuci rambut menggunakan shampo dan bilas menggunakan air bersih yang mengalir.

  1. Alpukat
Lemak jenuh, vitamin A dan E, protein, dan mineral yang terkandung dalam alpukat dapat memperbaiki rambut kering Anda. Rambut Anda akan tampak lebih lembab dan kuat, khususnya pada bagian batang rambut. Cara menggunakannya ialah dengan menghancurkan alpukat yang dicampur dengan minyak zaitun, kemudian oleskan pada rambut serta diamkan selama 20 menit. Setelah itu, cuci rambut Anda menggunakan shampo, lalu keringkan dengan handuk secara perlahan.

  1. Lidah Buaya
Cara mengatasi rambut kering selanjutnya dapat menggunakan bahan alami lidah buaya. Di dalam lidah buaya terdapat kombinasi vitamin yang unik, mineral, dan asam amino yang mampu melembabkan rambut Anda.

Gunakan campuran lidah buaya dan minyak kelapa pada rambut, kulit kepala, hingga ujung rambut. Kemudian tutup kepala Anda menggunakan shower cap dan biarkan semalaman. Besoknya cuci rambut Anda menggunakan shampo hingga benar-benar bersih.

  1. Minyak Kelapa
Minyak kelapa mengandung zat emolien alami yang dapat mengisi celah di helai rambut yang mengalami kerusakan. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2005 menyatakan bahwa minyak kelapa sangat baik dalam menembus serat rambut untuk menutrisi bagian dalamnya. Cara mengaplikasikannya cukup dengan menggosokkan minyak kelapa pada rambut yang kering. Biasanya hal tersebut dilakukan pada ujung-ujung rambut yang kemudian dibiarkan selama 20-30 menit.

Demikianlah cara mengatasi rambut kering dengan bahan alami yang mudah didapatkan. Mulailah mencoba mengaplikasikan bahan alami di atas agar rambut kering Anda segera kembali lembab dan berkilau. Jika setelah seminggu tidak ada perubahan yang signifikan, segera konsultasikan ke dokter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar