Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Senin, 23 Desember 2019

Menerapkan Blockchain untuk Dorong Produktivitas, Ini Upaya Kadin

Menerapkan-Blockchain-untuk-Dorong-Produktivitas,-Ini-Upaya-Kadin
Sumber: (https://pixabay.com/id/photos/bisnis-sepatu-tas-888146/)

Produktivitas dunia usaha Indonesia akan semakin baik dengan adanya sistem blockchain. Kadin Indonesia bahkan menargetkan dalam lima tahun kedepan, sistem blockchain ini akan diterapkan ke seluruh sistem ekonomi di Indonesia. Sehingga setiap pelaku usaha termasuk UMKM bisa semakin berkembang.

Pengetahuan tentang blockchain ini mulai disosialisasikan ke semua elemen pengusaha. Baik di tingkat kecil, menengah, hingga besar. Pelaku usaha yang tidak mengikuti perkembangan ini bisa tertinggal, bahkan untuk usaha besar sekalipun. Sehingga Kadin berupaya untuk terus mensosialisasikannya dengan melakukan berbagai macam pelatihan.

Manfaat Sistem Blockchain untuk Para Pelaku Usaha
 
1. Mengintegrasikan Semua Elemen Usaha di Indonesia hingga Global

Blockchain merupakan sebuah sistem sentral yang melibatkan semua pihak dalam semua bentuk transaksi. Setiap pelaku usaha bisa langsung bertemu tanpa melalui pihak ketiga. Transaksi yang terbentuk merupakan business to business, sehingga memperpendek alur transaksi yang dilakukan.

Semua elemen usaha yang masuk ke dalam sistem blockchain ini akan terintegrasi. Elemen usaha tersebut mulai dari pelaku usaha sendiri, lembaga keuangan, dan berbagai elemen lainnya yang mendukung jalannya perekonomian.

Kadin sekarang ini telah membentuk sebuah pelatihan khusus untuk UMKM. Pelatihan tersebut dilakukan di dalam sebuah program bernama BCEE, yaitu Blockchain Center of Excellence and Education. Dari adanya program ini UMKM akan masuk ke dalam sistem blockchain yang telah tersistem.

Bentuk dari pelatihan ini tentunya akan mendorong produktivitas UMKM dalam setiap bentuk usahanya. Karena di dalam blockchain ini UMKM akan dipertemukan dengan berbagai perusahaan besar nasional maupun global yang siap menerima produk UMKM. Hal ini pastinya akan membuat UMKM bisa berkembang lebih besar.

Integrasi yang terbentuk dari sistem blockchain ini juga akan mempermudah setiap pengusaha dalam memenuhi kebutuhan usahanya. Mulai dari mendapatkan bahan baku yang murah, teknologi yang tepat, dan juga permodalan. Semua hal ini mendorong setiap pelaku usaha terus mengembangkan diri.

2. Meningkatkan Produktivitas Usaha Kecil, Menengah, hingga Besar

Produktivitas pelaku usaha dapat terus dipacu dengan berbagai kondisi yang ideal. Mulai dari terbukanya pasar, biaya produksi yang murah, dan juga permodalan yang mudah. Dengan kondisi yang ideal tersebut setiap pelaku usaha semakin mempunyai ruang yang luas dalam mengembangkan usahanya.

Sistem blockchain ini akan menciptakan kondisi yang stabil dalam lingkungan usaha. Karena setiap elemen yang dibutuhkan dalam kondisi yang stabil tersebut bisa langsung terhubung satu dengan yang lainnya. Peluang pasar yang besar, bahan baku yang murah, dan juga adanya perbankan yang siap memberikan permodalan dengan lebih mudah.

3. Mengefisiensikan Semua Biaya Logistik

Regulasi yang tumpang tindih dalam sistem perekonomian di Indonesia membuat biaya logistik di Indonesia begitu besar. Hal ini bisa dipangkas dengan sistem blockchain yang memberikan ruang sangat besar terhadap berbagai transaksi antara satu pelaku usaha dengan pengusaha lainnya, baik di dalam negeri maupun dengan pihak luar negeri.

Blockchain merupakan sistem yang transparan dan aman. Karena semua pihak terlibat di dalam sistem ini, termasuk juga pihak dari pemerintah. Transparansi yang diberlakukan di dalam sistem ini tentunya akan memberikan kepercayaan terhadap semua pihak yang terkait. Dengan sistem seperti itu, blockchain mampu mengefisiensikan biaya logistik menjadi sangat murah.

Dalam lima tahun mendatang Kadin Indonesia akan terus berupaya mengadopsi dan menerapkan sistem ini di semua lini usaha, dan semua bentuk usaha. Sehingga pelaku usaha di Indonesia mulai dari UMKM bisa mengembangkan diri dan terus meningkatkan produktivitasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar