Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Senin, 27 Januari 2020

5 Cara Menghemat Pengeluaran Bulanan

5-Cara-Menghemat-Pengeluaran-Bulanan

Perencanaan keuangan keluarga sebenarnya hanya dipengaruhi dua hal, yaitu pengeluaran setiap bulan dan penghasilan per bulan. Kedua hal ini penting sekali Anda perhatikan dalam rangka mengatur keuangan keluarga. Untuk mengatur keluar dan masuk uang per bulan, Anda bisa menggunakan buku manual atau download aplikasi Cashbac. Di aplikasi terdapat beberapa fitur yang akan membantu keseharian Anda dalam urusan keuangan keluarga.

Cara Mengemat Pengeluaran Bulanan
 
Cara menghemat pengeluaran uang per bulan merupakan salah satu kemampuan yang wajib dimiliki setiap orang. Dikatakan demikian karena tidak semua orang bisa mengatur pemasukkan per bulan, sehingga selalu kehabisan. Di sisi lain ada orang yang pintar mengatur keuangan, sehingga ia selalu merasa cukup meskipun pemasukkannya kecil. Nah, agar semua orang bisa mengatur keuangan bulanan, alangkah baiknya simak uraian di bawah ini. 

  1. Gunakan Sistem 31 Amplop
Sistem 31 amplop merupakan metode klasik yang diajarkan oleh Syukri Muhammad Syukri. Meskipun klasik, akan tetapi sistem ini bisa Anda coba. Cara mengaplikasikannya ialah Anda membeli amplop kosong sebanyak 31, kemudian masukkan uang Anda ke dalam amplop tersebut berdasarkan kebutuhan, seperti cicilan rumah, beli beras, uang jajan, dan lain sebagainya. Selanjutnya, tulis tanggal belanja dari tanggal 1 sampai 31. Uang tersebut upayakan tersisa, sehingga bisa digunakan untuk investasi. 

  1. Jangan Terfokus pada Merek
Membeli barang bermerek boleh saja asalkan digunakan sesuai fungsinya, bukan untuk kebutuhan pamer ke orang lain. Jika membeli barang bermerek sesuai kebutuhan, maka Anda tidak akan mudah tergoda barang bermerek lainnya. Untuk Anda yang mudah tergoda dengan barang-barang branded, salah satu solusinya ialah tidak membuka toko online yang terdapat barang tersebut dan tidak terlalu sering jalan-jalan ke mall. 

  1. Simpan Bahan Makanan dengan Baik di Dalam Kulkas
Menyimpan bahan makanan dengan baik merupakan salah satu cara menghemat pengeluaran per bulan. Dikatakan demikian, karena stok makanan bulanan yang telah Anda beli masih segar meskipun sudah beberapa hari. Cara menyimpannya pun upayakan harus benar dan rapi agar rasa dan baunya tidak memengaruhi makanan yang lain. Di sisi lain, upayakan juga agar Anda tidak mudah merasa bosan dengan makanan bulanan yang telah Anda beli. 

  1. Buat Daftar Menu Makanan Mingguan
Prinsip dalam membuat menu makanan mingguan dapat Anda coba demi mengatur keuangan bulanan. Dalam hal ini Anda harus berupaya komitmen karena bisa jadi Anda malas atau kehabisan ide di kemudian hari. 

Dengan adanya daftar menu makanan mingguan, maka Anda tidak mudah membeli makanan lainnya yang akhirnya mubadzir. Sementara itu, daftar menu mingguan ini akan mendorong Anda untuk membiasakan pola hidup sehat. Untuk membuat daftar menu mingguan ini dapat Anda coba di aplikasi Cashbac yang lebih efisien. 

  1. Catat Rencana Belanja dan Simpan Nota Pembelian
Cara yang paling mudah mencatat rencana belanja ialah dengan menempelkannya di kulkas. Buatlah list makanan yang masih ada dan sudah habis, sehingga Anda bisa tahu makanan apa saja yang harus dibeli di bulan berikutnya. Kemudian simpan nota belanja Anda untuk membandingkan harga makanan per bulan, sehingga Anda bisa mengetahui makanan yang mengalami kenaikan dan penurunan harga. 

Demikianlah beberapa cara menghemat uang bulanan yang dapat Anda aplikasikan. Untuk kemudahan dalam pencatatan, Anda dapat menggunakan aplikasi Cahsbac dengan beberapa fitur di dalamnya. Mulailah mengatur keuangan bulanan Anda sejak dini agar terbiasa hingga hari tua nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar