Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Selasa, 21 Januari 2020

Inilah 5 Tips Menjadi Kasir Pintar yang Baik dan Benar

Inilah-5-Tips-Menjadi-Kasir-Pintar-yang-Baik-dan-Benar

Sejumlah minimarket semakin hari kian banyak, bahkan merambah hingga ke seluruh pelosok Indonesia. Di kota-kota besar saja Anda akan menemukan minimarket dengan radius paling dekat 2 KM. Dengan semakin banyaknya minimarket yang didirikan, maka kebutuhan pegawainya pun semakin banyak, tak terkecuali seorang kasir. Kriteria kasir pintar biasanya dibutuhkan minimarket agar konsumennya pun merasa nyaman saat berbelanja. 

Tips Menjadi Kasir Pintar
 
Menjadi seorang kasir harus mampu merepresentasikan citra perusahaan dengan benar agar konsumen tidak jera berbelanja di minimarket tersebut. Dalam hal ini, kasir memiliki posisi penting di sebuah minimarket dengan karakter yang ramah, teliti, detail, dan tidak ceroboh. Kemudian, kasir diharapkan bisa melaksanakan tugas dengan baik dalam urusan keuangan, interaksi, dan transaksi.
Nah, supaya Anda bisa menjadi kasir yang demikian, mari simak tips menjadi kasir yang pintar di bawah ini.
  1. Menjalankan Proses Penjualan dan Penerimaan Pembayaran

Kasir bisa dikatakan sebagai ujung tombak minimarket karena berhadapan langsung dengan customer yang akan melakukan pembayaran. Dalam menghadapi konsumen, Anda diwajibkan bersikap ramah dan berpenampilan menarik serta tidak kaku. Selain itu, seorang kasir harus pandai berkomunikasi agar konsumen merasa nyaman saat berbelanja di minimarket tersebut. Pada intinya, ciptakan suasana yang tidak kaku antara konsumen dan Anda.
  1. Mencatat Setiap Transaksi

Kasir harus mengetahui setiap transaksi yang dilakukan, baik secara manual maupun digital. Maka dari itu, dibutuhkan ketelitian dalam mencatat setiap transaksi. Meningkatkan ketelitian seorang kasir pun tidak mudah, yang mana jika terjadi kesalahan dalam transaksi akan terjadi kerugian, kasir pun harus mengganti kerugian tersebut. Untuk mencegah hal-hal yang demikian, maka Anda harus melatih konsentrasi setiap konsumen melakukan pembayaran.
  1. Membantu Memberikan Informasi kepada Pelanggan

Beberapa pelanggan terkadang bertanya terkait harga, ketersediaan barang, dan tanggal kadaluarsa produk. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, artinya kasir harus mengetahui stock barang dan berbagai informasi lainnya. Untuk menjelaskannya pun dibutuhkan kemampuan berkomunikasi yang baik, ramah, dan sopan. Kasir pintar sudah seharusnya bisa mengatasi hal tersebut dan membuat konsumen merasa terbantu dengan jawaban Anda.
  1. Melayani Transaksi dan Packing Barang

Menjadi seorang kasir dituntut juga agar bisa melakukan pekerjaan dengan kemampuan multitasking. Misalnya ketika Anda melayani transaksi dan packing barang, Anda juga harus bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan konsumen. Buatlah konsumen senyaman mungkin ketika berbelanja di minimarket tempat Anda bekerja. Dengan kemampuan multitasking tersebut, secara tidak langsung Anda bisa mengerjakan berbagai hal dalam waktu bersamaan dengan waktu yang cepat.
  1. Menyetorkan Uang Transaksi Penjualan dan Serah Terima Shift

Salah satu tugas kasir ialah menyetorkan uang hasil penjualan kepada atasannya yang dibuktikan dengan laporan atau bukti transaksi. Kemudian, Anda harus serah terima shift kepada kasir yang akan bekerja menggantikan Anda. Kedua pekerjaan ini membutuhkan ketelitian yang sangat tinggi agar tidak terjadi kesalahan. Dalam hal ini fokus sangat dibutuhkan. Apabila terjadi kesalahan maka Anda harus siap mengulangi pekerjaan tersebut. 

Nah, demikianlah beberapa tips menjadi kasir pintar yang baik dan benar. Memiliki sikap yang ramah dan sopan santun merupakan kewajiban bagi seorang kasir. Kemudian punya paras yang sering senyum merupakan salah satu kelebihan yang patut diapresiasi. Di sisi lain, kasir harus memiliki orientasi terhadap sesuatu yang detail agar bisa menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar