Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Minggu, 09 Februari 2020

Tertarik Dengan Fotografi? Yuk Kenali 6 Jenis Lensa Kamera ini

Tertarik-Dengan-Fotografi?-Yuk-Kenali-6-Jenis-Lensa-Kamera-ini

Dalam dunia fotografi, lensa merupakan alat yang paling penting untuk memotret suatu gambar. Tanpa lensa, bayangan objek tidak dapat terekam dan masuk ke kamera. Oleh karena itu, pemilihan lensa yang tepat dapat berpengaruh terhadap kualitas foto yang dihasilkan. Dalam dunia fotografi sendiri dikenal berbagai macam lensa kamera

Mengenal Jenis Lensa
 
Jenis-jenis lensa ini tentu memiliki kegunaan yang berbeda. Maka, sebelum Anda memutuskan untuk membeli lensa yang mana, ada baiknya ada mengetahui manfaat dan kegunaan beberapa jenis lensa kamera berikut. 

1. Lensa kit 

Lensa ini biasa juga disebut lensa bawaan karena Anda bisa mendapatkannya ketika membeli kamera DSLR. Lensa kit sering juga disebut sebagai lensa untuk entry level dengan ukuran 18-55mm. 

Lensa ini bisa Anda gunakan untuk pemotretan sehari-hari dan cocok untuk digunakan bagi Anda yang baru mendalami hobi fotografi karena fleksibilitasnya yang membuat Anda tidak perlu mengganti-ganti lensa untuk setiap objek yang hendak dipotret. Lensa kit memiliki focal length yang cukup lebar yang bisa Anda atur yaitu dari 18-20mm. 

2. Lensa standar 

Lensa jenis ini merupakan lensa yang paling umum Anda jumpai. Lensa ini memiliki fungsi untuk menangkap gambar sesuai dengan yang dilihat oleh mata manusia. Lensa standar memiliki ukuran 50mm dan biasa digunakan untuk jenis kamera DSLR 35mm. 

Lensa standar memiliki lebar aperture yang maksimal sehingga bisa Anda gunakan untuk memotret dalam kondisi pencahayaan yang rendah. Biasanya lensa ini digunakan untuk memotret objek lanskap atau portrait. 

3. Lensa fix / prime
 
Lensa fix atau prime sering juga disebut sebagai lensa yang tidak bisa diganti. Maksud dari tidak bisa diganti disini adalah karena lensa ini memiliki focal length dan aperture yang tetap dan tidak memiliki elemen yang bergerak. 

Bentuk fisik lensa ini cukup ringkas dan praktis. Selain itu, lensa kamera jenis fix memiliki kelebihan untuk menghasilkan foto yang tajam. Bukaan aperture pada lensa ini juga sangat luas sehingga bisa Anda gunakan untuk pemotretan minim cahaya. 

4. Lensa tele 

Lensa tele biasanya memiliki ukuran hingga diatas 70mm lebih. Lensa kamera jenis ini bisa Anda gunakan untuk memotret objek yang cukup jauh dan Anda tidak bisa mendapatkan posisi yang lebih dekat. Biasanya lensa ini digunakan untuk memotret aktivitas alam liar atau kegiatan olahraga Lensa tele menghasilkan distorsi yang paling kecil dibanding lensa-lensa jenis lain. 

5. Lensa makro 

Lensa makro digunakan untuk memotret objek-objek berukuran kecil dengan ukuran shot extreme close up, misalnya memotret serangga. Lensa jenis ini mampu menghasilkan foto dengan skala ukuran yang lebih besar dibanding objek aslinya. Lensa makro juga membuat Anda bisa memotret objek dari jarak yang cukup dekat namun tetap menghasilkan fokus yang tajam. 

6. Lensa fish eye
 
Lensa fish eye memiliki jarak pAndang seluas 180 derajat dengan panjang fokus kurang dari 15mm. Lensa ini disebut juga sebagai lensa ultra wide angle. Nama fish eye merupakan nama karena efek gambar yang dihasilkan oleh lensa ini tampak seolah-olah seperti sudut pandang yang dilihat oleh mata ikan dengan foto yang terlihat menyimpang dan subjek yang jauh lebih besar dari aslinya. Lensa ini cocok digunakan ketika Anda ingin membuat sebuah hasil foto yang kreatif. 

Itulah beberapa jenis lensa kamera yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan foto yang Anda inginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar