Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Senin, 16 Maret 2020

Warna Baju Sudah Kusam? Lakukan 5 Tips ini untuk Mencerahkan Warna Baju Anda

Warna-Baju-Sudah-Kusam?-Lakukan-5-Tips-ini-untuk-Mencerahkan-Warna-Baju-Anda

Anda mungkin sering merasa kesal ketika baju favorit Anda kini warnanya sudah berubah menjadi kusam atau pudar. Warna kusam pada baju ini bisa saja diakibatkan karena baju tersebut sudah terlalu sering dipakai atau Anda melakukan teknik yang salah ketika mencuci atau menyimpan baju. Ketika baju favorit Anda berubah kusam, Anda tentu masih ingin agar baju tersebut bisa kembali cerah sehingga masih bisa digunakan. Sebenarnya ada beberapa cara mengembalikan warna baju yang sudah kusam agar bisa kembali cerah sehingga Anda tidak harus beli baru. 

Nah berikut akan diuraikan cara-cara yang bisa Anda terapkan untuk mengembalikan warna baju.

1. Menggunakan citrun atau buah lemon

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk kembali mencerahkan warna baju adalah menggunakan citrun atau buah lemon. Baik buah lemon maupun citrun keduanya memiliki kandungan dan manfaat yang sama untuk bahan pakaian. Buah lemon sendiri memiliki kandungan vitamin C yang rupanya berguna untuk mencerahkan pakaian dan kandungan semacam ini juga dimiliki oleh citrun.

Cara menggunakan kedua bahan ini cukup mudah. Jika menggunakan lemon, Anda hanya perlu menggosok-gosokan buah lemon yang sudah diiris tersebut ke permukaan baju. Dengan cara ini warna baju yang kusam atau pudar bisa kembali cerah. Jika menggunakan citrun, Anda hanya perlu mencampurkan dan melarutkan citrun dengan air dan merendam pakaian Anda dalam larutan tersebut selama beberapa saat. Larutan ini juga bisa berfungsi untuk memutihkan baju.

2. Menggunakan cuka atau baking soda

Cara mengembalikan warna baju selanjutnya adalah dengan menggunakan cuka atau baking soda, Untuk menggunakan bahan ini, Anda hanya perlu mencampurkan satu cangkir baking soda untuk takaran air sebanyak empat liter. Rendamlah baju yang Anda yang sudah kusam dalam larutan tersebut selama beberapa menit. Setelah itu, Anda bisa mencuci dan membilasnya seperti biasa, Kedua bahan ini cukup ampuh untuk kembali mencerahkan pakaian.

3. Menggunakan kopi

Bukan hanya baju dengan warna cerah saja yang bisa tampak kusam. Baju berwarna hitam juga bisa menjadi kusam sehingga membuat warna hitamnya tidak sebagus dulu lagi. Untuk mengembalikan warna hitam baju Anda seperti aslinya, Anda bisa menggunakan cairan kopi.

Caranya adalah dengan menggunakan dua cangkir kopi yang sudah bersih dari ampasnya. Tuangkan cairan tersebut pada baju warna hitam Anda yang sudah kusam. Setelah itu Anda hanya perlu merendam pakaian beberapa saat lalu membilasnya seperti biasa. Kemudian tinggal keringkan pakaian Anda.

4. Menggunakan garam beryodium

Selain berfungsi sebagai bumbu masak, garam juga bisa berfungsi untuk kembali mencerahkan warna baju yang kusam. Namun, garam yang bisa Anda gunakan adalah garam yang memiliki kandungan yodium. Senyawa yodium dalam garam inilah yang berfungsi untuk mengikat warna sehingga bisa membuat warna baju yang kusam kembali menjadi cerah. Cara pemakaian garam ini adalah hanya dengan melarutkan garam beryodium secukupnya pada air rendaman pakaian Anda.

5. Mencelup dengan wantex

Cara terakhir yang bisa Anda gunakan untuk mengembalikan warna pakaian adalah dengan mencelupkannya pada larutan wantex. Bahan kimia ini bisa Anda dapatkan di toko-toko kimia. Untuk menggunakannya, Anda perlu merebus air dan wantex dalam panci besar kemudian memasukkan baju ke dalam panci tersebut. Setelah dibilas, Anda bisa menjemur baju tersebut hingga kering di tempat yang teduh.

Itulah beberapa cara mengembalikan warna baju yang sudah kusam agar bisa kembali cerah seperti sedia kala.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar