Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Sabtu, 18 Juli 2020

5 Resep Masakan Rumahan yang Cocok untuk Pemula

5-Resep-Masakan-Rumahan-yang-Cocok-untuk-Pemula

Memasak dianggap sebagai aktivitas yang penting dilakukan oleh istri maupun suami saat berumah tangga. Pasalnya, Anda bisa menyesuaikan masakan sesuai dengan selera sekaligus lebih menghemat uang. Namun, bagi seorang pemula memasak tentu saja bukan hal yang mudah. Oleh karena itu, penting untuk mempelajari resep masakan rumahan agar memasak menjadi lebih leluasa.
 

Resep Masakan Rumahan

Jika Anda adalah seorang pemula, ikuti resep-resep masakan rumahan yang praktis berikut ini.

1. Sup Ayam Kampung

a. Bahan-bahan: ayam kampung secukupnya, air, daun bawang, seledri, minyak sayur, daun bawang, bawang bombay, bawang putih, kentang, wortel, seledri, tomat, merica, garam, pala bubuk.

b. Cara membuat: Didihkan air dalam panci panas, kemudian masukan ayam yang sudah dipotong-potong. Masukan bawang daun dan seledri dan didihkan sampai ayam empuk. Masukan bawang Bombay dan bawang putih yang sudah ditumis. Tambahkan kentang dan tomat, aduk, dan tambahkan garam, pala, dan merica.

2. Tumis Kangkung

a. Bahan-bahan: satu ikat kangkung, bawang merah dan terasi yang sudah dihaluskan, bawang putih, jahe, saus tiram, gula pasir, merica, garam, kaldu bubuk.

b. Cara membuat: tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan bawang putih yang sudah diiris tipis. Masukan jahe, saus tiram gula pasir, merica, garam, dan kaldu bubuk. Jika sudah wangi, tambahkan air secukupnya. Masukan kangkung yang sudah dipotong-potong, lalu tutup dengan wajan. Tumis kangkung siap dihidangkan.

3. Sup Ayam Kampung

a. Bahan-bahan resep makanan rumahan sup ayam: 1,5 L air, setengah ekor ayam kampung, daun bawang, seledri, minyak sayur, batang seledri, bawang putih, kentang, wortel, tomat, merica, pala bubuk, garam.

b. Cara membuat: Didihkan air sampai mendidih, kemudian masukan ayam yang sudah dipotong-potong. Tambahkan daun bawang dan seledri, aduk sampai merata. Masukan bawang putih, kentang, wortel, tomat, merica, pala bubuk, dan garam. Masak dengan api kecil dan tunggu sampai ayam benar-benar empuk. Hidangkan selagi hangat.

4. Ayam Goreng Mentega

a. Bahan-bahan: ayam negeri, bawang putih, merica, dan garam yang sudah dihaluskan, mentega, bawang Bombay, saus inggris, kecap asin, kecap manis, perasan jeruk nipis, garam.

b. Cara membuat: lumuri ayam kampung yang sudah dipotong-potong dengan bumbu yang sudah dihaluskan. Goreng dalam minyak panas, kemudian tiriskan. Tumis bawang Bombay sampai layu dalam api yang kecil. Setelah itu, masukan mentega, saus inggris, bawang Bombay, kecap asin, kecap manis, garam, dan perasan jeruk nipis, lalu aduk hingga rata.

Masukan ayam, dan aduk hingga bumbunya meresap. Sajikan dengan nasi hangat agar terasa lebih sedap. Jika ingin rasanya lebih gurih, tambahkan bawang goreng di atasnya.

5. Cumi Goreng Tepung

a. Bahan-bahan: 750 gr cumi besar, perasan air jeruk nipis, dan minyak sayur. 

b. Bahan pencelup: 150 gr tepung terigu, 1 butir telur ayam, bawang putih, jahe parut, merica bubuk, garam.

c. Cara membuat: kupas cumi, dan buang tintanya sampai bersih. Setelah itu, lumuri dengan perasan air jeruk nipis agar tidak amis. Campurkan semua bahan pencelup hingga merata. Jika sudah, celupkan cumi pada bahan pencelup. Goreng dalam minyak panas sampai warnanya kekuningan. Hidangkan selagi panas, dan sediakan saus sambal agar lebih sedap.

Itulah lima resep masakan rumahan yang sangat cocok untuk pemula. Agar lebih sedap, Anda juga bisa menambahkan margarin pada setiap masakan agar rasanya lebih gurih dan enak. Jadi, resep masakan mana yang akan pertama kali Anda coba?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar