Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Kamis, 05 November 2020

5 Cara Mengatasi Mual Saat Hamil yang Bisa Anda Terapkan

Foto: canva.com pro

Bagi Anda yang sedang menjalani masa-masa hamil muda, tentu banyak hal mengejutkan. Salah satu hal yang seringkali dialami oleh ibu hamil adalah rasa mual. Meski begitu Anda tidak perlu khawatir, sebab ada beberapa cara yang bisa mengatasi mual saat hamil agar tidak membuat Anda kepayahan terus menerus.

Atasi mual saat hamil

Mual menjadi hal kurang mengenakkan, terlebih saat sedang hamil. Sebagai ibu hamil muda, Anda bisa mengatasinya dengan cara yang mudah. Simak beberapa langkah mudah menangani rasa mual saat hamil muda di bawah ini.

1. Minum Jahe Hangat

Bahan herbal yang beraroma menenangkan seperti jahe terbukti ampuh untuk meredakan rasa mual. Anda bisa menyeduh minuman jahe hangat untuk menangani mual saat hamil muda. Efek hangat yang dikeluarkan jahe bisa membuat perut menjadi lebih nyaman sehingga rasa mual bisa berkurang. Anda juga bisa mengonsumsi jahe dalam bentuk permen agar lebih praktis.

2. Perbanyak Minum Air

Saat hamil, tubuh akan membutuhkan kadar cairan yang lebih besar. Oleh karena itu Anda harus minum air lebih banyak dibandingkan sebelum hamil. Anda disarankan untuk memperbanyak minum air 10 hingga 12 gelas setiap hari. Jika tubuh cukup cairan, maka rasa mual akan reda.

3. Alihkan dengan Aroma Harum

Cara mengatasi mual saat hamil berikutnya adalah mengalihkan rasa mual dengan mencium wewangian. Jenis wewangian yang dianjurkan untuk meredakan mual adalah yang beraroma segar. Aroma segar yang dimaksud antara lain lemon, apel, rosemary, hingga mint. Namun Anda disarankan untuk mencium wewangian yang terbuat dari bahan alami.

4. Istirahat Cukup

Tubuh yang lelah cenderung menyebabkan sejumlah masalah, terutama saat sedang hamil. Anda harus menghemat energi agar tidak merasakan mual akibat kelelahan. Upayakan untuk istirahat yang cukup. Selain itu, Anda bisa mengurangi kegiatan-kegiatan yang membutuhkan energi lebih.

5. Perkecil Porsi Makan

Penanganan mual saat hamil selanjutnya yakni dengan cara memperkecil porsi makan. Dengan mengurangi porsi makan, perut akan terbebas dari kembung. Perut juga akan terasa lebih nyaman, tanpa rasa mengganjal. Dengan begitu rasa mual tidak akan datang mengganggu. Pengurangan porsi makan bisa dilakukan dengan cara makan sedikit tapi sering.

Nah, itulah sederet cara mengatasi mual saat hamil yang bisa Anda terapkan. Artikel parenting seperti halnya ulasan di atas bisa menjadi referensi bagi Anda untuk meredakan mual. Keluhan yang dirasakan setiap orang ketika hamil tentu saja berbeda-beda. Untuk itu perbanyaklah bahan bacaan agar Anda bisa memiliki lebih banyak referensi sehingga bisa melakukan upaya-upaya tertentu jika mengalami keluhan kehamilan lainnya.

 

Sumber :

  • https://www.popmama.com/pregnancy/first-trimester/aulia-trisna/cara-ampuh-untuk-mengatasi-mual-saat-hamil-muda
  • https://www.alodokter.com/cara-menghilangkan-mual-saat-hamil-yang-patut-anda-coba
  • https://www.haibunda.com/kehamilan/20200623195300-49-147900/5-cara-mengatasi-mual-saat-hamil-muda-bunda-perlu-tahu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar