Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Senin, 30 November 2020

5 Tips Menciptakan Anak Yang Cerdas

situs parenting terbaik
Foto: Canva.com pro

Setiap orangtua di dunia ini tentunya ingin memiliki anak yang cerdas. Jika anda termasuk salah satunya, maka ada beberapa tips yang bisa anda coba untuk mengembangkan kemampuan intelegensi anak secara maksimal.

Perlu anda ketahui bahwa kecerdasan anak sangat dipengaruhi oleh dua faktor utama, yakni faktor biologis dan eksternal. Dimana, faktor biologis ini dipengaruhi oleh banyak hal, seperti genetik ayah dan ibunya, nutrisi yang dikonsumsi ibu selama masa kehamilan, maupun penyakit yang diderita oleh ibu hamil maupun anak itu sendiri. Sedangkan, faktor eksternal dipengaruhi oleh IQ anak. Faktor yang satu ini bisa dipengaruhi oleh pola parenting anak serta lingkungan tempat anak bersosialisasi. 

 

Tips Menciptakan Anak Yang Cerdas

Cara membuat anak yang cerdas itu tidak cukup dengan memasukannya ke sekolah favorit yang bagus dan mahal atau membelikannya mainan-mainan edukatif. Namun, anak cerdas juga bisa lahir dari pola parenting anak yang tepat dan efektif dari proses yang cukup panjang dan kompleks.

Sebagai ilmu, berikut tips parenting untuk menciptakan anak cerdas yang diulas oleh situs parenting terbaik :

1. Jangan Mendikte Anak

Perlu anda ketahui bahwa anak yang cerdas itu akan lahir saat anak dibiarkan untuk mengembangkan imajinasi dan bermain sesuka hatinya. Banyak para orangtua yang membuat jadwal anak sedemikian rupa supaya anak mendapatkan kemampuan yang berguna untuk mengasah otak, tetapi menurut psikolog hal ini sangat keliru.

Biarkan anak anda untuk mengeksplorasi apa saja yang ia suka, termasuk menggunakan komputer maupun gadget. Namun, jangan lupa untuk selalu tetap mengawasi serta memberikan batasan penggunaan gadget atau komputer tersebut. 

2. Memanfaatkan Teknologi

Dengan semakin berkembangnya teknologi bisa membantu anda untuk menciptakan anak yang cerdas jika dimanfaatkan sesuai dengan potensi anak. Misalnya, teknologi virtual reality. Dengan menggunakan teknologi ini anda bisa mengajarkan banyak hal pada anak, seperti bermain olahraga tertentu atau memperkenalkan anak pada binatang purba yang sudah punah.  

3. Banyak Bertanya, Sedikit Menjelaskan

Dengan banyak bertanya pada anak akan bisa melatih kemampuan problem solving sekaligus mempertajam imajinasi si kecil. Sebagai contoh, saat berkendara, anda bisa mengajukan pertanyaan pada anak, seperti “ mengapa kalau kita berkendara di jalan harus hati-hati?”

Cara parenting ini dianggap berhasil jika anak kemudian sering mengajukan pertanyaan yang dimulai dengan kata “mengapa”. Mungkin pertanyaan ini membuat anda lelah, tetapi ini merupakan tanda bahwa anda sudah berada di jalur yang benar untuk menciptakan anak yang cerdas. 

4. Ciptakan Pertemanan Yang Kondusif

Memang anak seharusnya bermain dengan siapa saja tanpa pandang bulu. Akan tetapi, anda berhak membatasi anak bergaul dengan teman-teman yang nakal supaya tidak terpengaruhi dengan pergaulan seperti itu. Dan pastikan bahwa teman-teman anak anda adalah anak-anak yang baik sehingga anak anda pun akan terbawa baik pula.

5. Jangan Paksa Anak

Setiap anak itu tentunya memiliki karakternya masing-masing, jadi peran orangtua hanyalah mengarahkan saja. Anak yang aktif jangan dipaksa untuk menjadi pendiam. Sebaliknya anak pendiam jangan dipaksa menjadi anak yang aktif secara fisik.  

Orangtua harus bisa mengarahkan karakter anak tersebut yang menjadi kelebihan bagi dirinya, misalnya anak yang pendiam bisa anda berikan banyak buku bacaam yang dapay meningkatkan kecerdasannya.

Namun anda juga harus ingat bahwa anak yang cerdas juga tetap suka bermain sama seperti yang lainnya. Oleh karena itu, sediakan waktu baginya untuk bermain dalam bentuk lain, seperti bermain games atau olahraga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar