Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Senin, 14 Desember 2020

4 Langkah Mudah Kirim Barang ke Luar Negeri yang Aman

jasa ekspor barang

Kegiatan mengirim barang ke luar negeri mungkin menjadi rutinitas bagi sebagian orang. Baik berhubungan dengan bisnis atau usaha yang dijalani, atau pun sebagai aktivitas sesekali saja. Hal ini menjadi satu alasan mengapa penggunaan jasa ekspor barang semakin meningkat. Ada beberapa cara dasar dalam penggunaan jasa tersebut dan langkah mengirim barang ke luar negeri dengan aman.

Kirim barang ke luar negeri 

Bukan hanya memilih jasa pengiriman yang dari segi pelayanannya terjamin, terdapat langkah-langkah lainnya yang juga perlu diperhatikan agar proses pengiriman cepat dan aman, meliputi: 

1. Pahami Kebijakan atau Aturan Negara Tujuan 

Setiap negara tentu memiliki kebijakan untuk menerima barang dari luar negeri. Ada negara yang sangat ketat dalam penerimaan barang berbentuk makanan atau minuman, ada juga negara yang sangat ketat dalam penerimaan barang bernilai tinggi. Masing-masing memiliki aturan yang harus dipahami dan diikuti. 

Jangan sampai pengiriman jadi gagal atau bahkan barang ditahan dan dikembalikan begitu saja pada Anda. Terkadang ada sebagian negara yang meliburkan kategori barang tertentu dengan alasan khusus yang bagi mereka berisiko. 

2. Cek Biaya dan Cari Jasa Ekspor Barang dengan Harga Terjangkau 

Carilah informasi sebanyak mungkin mengenai biaya pengiriman. Biasanya masing-masing penyedia jasa memiliki tarif beragam disertai layanan yang ikut beragam. Biayanya pun bisa tergolong standar, hingga tergolong sangat mahal. Anda pasti memiliki perhitungan dan pertimbangan dalam memilih layanan. 

3. Tidak Perlu Membungkus Barang Terlalu Tertutup 

Ketika melakukan kirim barang, Anda juga tidak perlu membungkus barang dengan terlalu tertutup yang menggunakan segala macam segel. Ingat, setiap barang yang dikirim ke luar negeri akan diperiksa lebih dulu oleh pihak yang berwenang. Paket yang telah dibungkus pun akan dibuka kembali. 

Namun tetap usahakan bungkus barang sesuai standar pengiriman untuk melindungi barang di perjalanan. Usahakan hindari menyelip barang lainnya sekecil apa pun pada paket barang Anda. Yang ada, Anda akan terkena masalah. 

4. Pastikan Menggunakan Penyedia Jasa Terpercaya 

Langkah berikutnya, pastikan tempat jasa yang Anda pilih terpercaya dan berpengalaman. Banyak sekali kasus barang hilang atau tertahan di negara tujuan dan berujung tidak bisa terkirim maupun dikembalikan karena layanan pihak penyedia jasa pengiriman yang buruk. Jangan terpatok harga murah saja, tetapi pastikan pula sistem dan mekanisme pengiriman barang jelas dan terbuka.

Ada sebagian negara yang biasanya tergolong cukup ketat dalam menerima barang dari luar negaranya seperti negara di Amerika dan Eropa. Dalam hal biaya pun terhitung lebih tinggi dan pajaknya bisa melebihi nilai barang. Untuk itu akan lebih mudah jika gunakan jasa ekspor barang berpengalaman demi mempermudah proses pengiriman, serta tentunya menghindari segala risiko yang menyebabkan kerugian bagi Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar