Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Senin, 26 April 2021

Lindungi Akun GoPay-mu! Waspada dengan Modus Penipuan yang Mengatasnamakan GoPay Ini!


Bayar jajan, tagihan, sampai top up, semua kini bisa lewat GoPay. Hidup jadi terasa lebih mudah berkat GoPay. Sayangnya, banyak pihak tak bertanggung jawab yang memanfaatkan kemudahan GoPay. Hal ini menyebabkan terjadinya modus penipuan yang merugikan banyak pengguna setia GoPay.  

Seperti apa sih modus penipuan yang paling sering terjadi? Yuk, simak artikel berikut ini!

1. Penipuan Penjual Palsu

Kamu harus waspada modus penipuan dengan skema MAGIS (manipulasi psikologis). Kebanyakan para penipu ini akan berperan menjadi seorang penjual yang menjual barang dagangan lebih murah dari harga pasaran untuk memanipulasi psikologis pembelinya. Dagangan yang ditawarkan juga beragam, mulai dari baju, aksesoris, aplikasi, sampai top up up game atau turnamen game. Kemudian mereka akan memberi opsi pembayaran menggunakan GoPay.

 

Kamu harus waspada, cek kembali apakah seller tersebut trusted. Cari tahu jejak dan reputasi penjual. Jangan sampai setelah bayar dengan GoPay tiba-tiba barang nggak dikirim dan seller menghilang! Untuk beli aplikasi ataupun top up game, kamu bisa pilih rekan usaha resmi yang bekerjasama dengan GoPay, seperti Google Play, Codashop, UniPin, MPL, dan Wawa Games.

2. Modus Penipuan Sosial Media Palsu

Suka complaint di comment instagram? Hati-hati dengan pihak yang mengaku sebagai customer service melalui media sosial. Jika kamu dapat pesan dari akun-akun yang mengatasnamakan GoPay tapi tidak verified, jangan ditanggapi ya! 

 

Apalagi kalau mereka meminta data pribadi via DM atau komen, segera laporkan ke customer service! Pihak GoPay tidak pernah meminta data diri penggunanya. Kamu harus tahu akun-akun resmi GoPay berikut:

 

Instagram: @gopayindonesia, dan @gopaypromo

Twitter: @gopayindonesia, dan @gopaypromo

Facebook : gopayindonesia dan gopaypromo

 

Supaya kamu terhindar dari kasus penipuan ini, sebaiknya jika mengalami kendala dengan GoPay-mu, hubungi pihak customer service melalui e-mail [email protected]. Atau lakukan pengaduan di halaman bantuan pada aplikasi GoPay supaya kamu terhindar dari modus penipuan mengatasnamakan GoPay dari sosial media. Dan yang paling penting ketahui lah kalo akun social media GoPay yang resmi ada centang biru atau verified.

3. Modus Penipuan dengan Minta PIN atau Kode OTP

Harus kamu ingat, bahwa GoPay nggak pernah minta PIN atau kode OTP dengan alasan apapun.

 

Kronologis modus penipuan dengan minta PIN biasanya diikuti embel-embel memenangkan hadiah undian dengan nominal menggiurkan. Mereka akan meminta kamu untuk melakukan konfirmasi atau verifikasi jawaban sebagai pemenang. Padahal saat itulah penipu sedang berusaha login ke akun GoPay-mu dari HP lain sehingga ada permintaan SMS dengan kode OTP ke HP-mu sebagai pemilik akun. 

 

Setelah kamu bocorkan nomor OTP ini, maka kamu memberikan akses kepada penipu untuk mengambil alih akunmu . Jadi, jangan bagikan kode rahasia ini ke siapapun!

 

Setelah mengetahui berbagai modus penipuan yang sering terjadi, GoPay juga mengajak kamu untuk selalu menerapkan JAGA supaya terhindar dari modus penipuan. 

 

J: Jangan asal transfer ke nomor yang tidak dikenal

A: Amankan data pribadi, jangan bagikan kode OTP

G: Gunakan PIN, dan

A: Adukan hal mencurigakan melalui email dan halaman resmi

 

Selain menerapkan JAGA, jangan lupa juga melakukan pencegahan dengan memperkuat keamanan akun GoPay kamu. Update aplikasi nya ke versi terbaru, kemudian upgrade juga akun GoPay-mu ke GoPay Plus supaya bisa mendapatkan proteksi ekstra Jaminan Saldo GoPay Kembali. Selain itu, aktifkan juga fitur fingerprint dan face ID untuk amankan transaksi GoPay-mu

 

Yuk, kasih tahu teman-teman, dan keluarga kamu untuk selalu waspada modus penipuan digital dan menjaga keamanan saldo GoPay!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar