Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Minggu, 25 Juli 2021

5 Cara Membimbing Anak Belajar dari Rumah selama Pandemi


Situasi pandemi COVID-19 saat ini mengharuskan anak untuk terus belajar dari rumah. Ini mungkin cukup sulit untuk dijalani baik bagi anak maupun orang tua. Orang tua punya peran besar untuk membimbing anak belajar dari rumah agar ilmu yang diberikan bisa terserap dengan baik dan efektif.

Membimbing Anak untuk Belajar

Memberikan pendampingan anak saat belajar di rumah adalah tantangan tersendiri bagi orang tua. Tidak mudah memang untuk memastikan si kecil belajar dengan baik di tengah situasi seperti sekarang. Berikut adalah 5 cara yang bisa diterapkan untuk membimbing anak agar mau belajar secara efektif selama pemberlakuan school from home:

1. Tetapkan Jadwal

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah menentukan jadwal belajar. Saat belajar di sekolah, anak mungkin sudah punya jadwal yang jelas. Namun lain halnya dengan belajar di rumah, anak bisa saja terdistraksi oleh aktivitas lain. Oleh sebab itu orang tua harus tegas membuat jadwal belajar bagi anak.

Bagi jadwal belajar menjadi dua kategori yaitu belajar wajib dari sekolah dan waktu belajar sendiri. Belajar wajib ini mengikuti jadwal online school dari sekolah. Selanjutnya ada jadwal belajar sendiri yang bisa ditentukan oleh orang tua dan harus memperhatikan kondisi anak.

2. Tetap Temani Anak

Usahakan untuk menemani anak di waktu sekolah. Tentu tidak harus selalu menemani secara penuh karena orang tua pasti punya tugas lain yang harus dikerjakan. Paling tidak berikan pengawasan agar anak benar-benar fokus saat mengikuti kelas online mereka.

Jika ada waktu luang, berikan pendampingan kepada anak dengan menemaninya belajar. Namun apabila orang tua juga punya aktivitas lain yang harus dilakukan maka sesekali saja lihat kondisi si kecil. Pastikan bahwa mereka ada di jalur yang benar mengikuti pembelajaran dengan baik.

3. Bantu dalam Batas Wajar

Selama belajar dari rumah, usahakan untuk memberikan bantuan dalam batas yang wajar. Jangan sepenuhnya memberikan bantuan kepada anak, misalnya dengan mengerjakan semua tugas mereka. Apalagi saat ujian, jangan sampai sistem ujian daring malah membuat orang tua membantu anak sepenuhnya dalam mengerjakan soal.

Berikan bantuan dalam batas yang wajar saja dan biarkan anak berusaha sesuai kemampuan. Ingat, nilai bukanlah tujuan akhir dari aktivitas anak belajar. Anak harus bisa menjalani prosesnya agar mereka juga paham materi yang dipelajari dan tidak mengandalkan orang tua.

4. Gunakan Cara Sendiri

Cara mengajar guru di sekolah mungkin terasa membosankan bagi anak. Anda bisa mengubah gaya mengajar tersebut dengan menciptakan cara belajar sendiri. Terapkan cara belajar yang seru dan tidak membosankan agar si kecil lebih bersemangat. Ini bisa diterapkan di waktu belajar yang Anda buat sendiri bersama anak, di luar waktu belajar dari sekolah tentunya.

5. Luangkan Waktu Istirahat

Anak juga butuh waktu untuk beristirahat di sela waktu belajar. Seringkali karena harus belajar dari rumah, waktu belajar dan bermain jadi tidak teratur. Kondisi ini bisa membuat anak merasa stres. Itulah mengapa penting untuk membuat jadwal. Biarkan anak beristirahat ketika jam belajarnya sudah selesai. Atur waktu anak untuk tidur siang, makan, bermain, dan melakukan aktivitas lainnya.

Itulah 5 cara yang bisa dilakukan untuk membimbing anak belajar dari rumah. Selama pandemi COVID-19 ini, orang tua memiliki peran yang semakin banyak. Mungkin memang terasa berat, namun jika dijalani dengan perasaan yang bahagia maka hal ini akan lebih mudah untuk dilakukan.

 

Sumber:

https://www.popmama.com/big-kid/6-9-years-old/syafira-akhtari/cara-membimbing-anak-belajar-di-rumah-saat-pandemi/5

https://www.halodoc.com/artikel/ini-tips-menemani-anak-belajar-dari-rumah-selama-pandemi

https://pintek.id/blog/belajar-di-rumah/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar