Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Sabtu, 14 Agustus 2021

7 Tips agar Rumah Kontrakan Terasa Nyaman Seperti Rumah Sendiri


Mengontrak rumah memang jadi pilihan terbaik bagi Anda untuk mendapatkan tempat tinggal namun belum punya cukup dana untuk beli rumah. Tak ada salahnya memang untuk tinggal di rumah kontrakan asalkan lokasi rumahnya tepat dan nyaman. Penawaran rumah kontrakan Cirebon sendiri sangat beragam jadi jika Anda berencana menetap di kota ini penting sekali untuk selektif dalam memilih.

Tips Mengatur Kontrakan

Banyak orang berpendapat bahwa tinggal di rumah kontrakan tidak akan terasa nyaman. Pasti akan terasa beda dengan kenyamanan tinggal di rumah sendiri. Padahal jika diatur dengan baik maka rumah kontrakan bisa saja terasa nyaman seperti rumah pribadi. Berikut adalah 7 tips agar rumah kontrakan Anda bisa senyaman rumah sendiri:

1. Pahami Kebutuhan Pribadi

Hal pertama yang penting untuk dilakukan adalah memahami kebutuhan diri sendiri. Tentu setiap orang punya kebutuhan tempat tinggal yang berbeda-beda. Jika ingin merasa nyaman di rumah kontrakan maka cobalah untuk menyesuaikan antara kebutuhan dengan fasilitas rumah tersebut. Mulai dari berapa ruang yang dibutuhkan dan fasilitas apa saja yang harus ada.

Jika kebutuhan ruang tercukupi, fasilitas air dan listrik sudah sesuai kebutuhan, dan fasilitas lain juga memadai maka pasti akan merasa nyaman. Oleh sebab itu selektif dalam memilih rumah kontrakan sangatlah penting. Anda harus menemukan tempat yang memang benar-benar cocok sesuai kebutuhan agar terasa nyaman.

2. Lakukan Perbaikan

Tentu tidak akan terasa nyaman jika Anda tinggal di rumah yang ada kerusakan di sana sini. Sebelum melakukan deal, cek dulu apakah ada kerusakan di bagian rumah atau tidak. Memang sangat disarankan untuk memilih rumah sewa yang kondisinya bagus. Ada banyak pilihan kontrakan Cirebon yang kondisinya masih bagus tanpa kerusakan.

Jika memang sudah merasa cocok dengan sebuah rumah dan ingin mengontrak di sana namun ada banyak kerusakan, maka lakukan perbaikan. Tidak ada ruginya memperbaiki rumah kontrakan karena ini akan memberi kenyamanan bagi diri Anda. Diskusikan juga dengan pemilik rumah agar biaya perbaikan bisa ditanggung bersama supaya terasa ringan.

3. Ganti Bagian yang Tak Disukai

Salah satu faktor yang menyebabkan munculnya rasa tidak nyaman saat mengontrak adalah ada bagian rumah yang tidak disukai. Hal ini biasanya akan dirasa sangat mengganggu dan membuat Anda tidak mencintai rumah tersebut. Padahal, rumah kontrakan ini sama saja dengan rumah Anda karena di sinilah Anda akan beraktivitas setiap hari.

Cobalah untuk mengganti bagian-bagian yang tidak Anda sukai. Misalnya, Anda tidak suka dengan warna dindingnya maka bisa diganti warna yang baru. Namun, hal ini tentu harus dilakukan dengan persetujuan dari pemilik rumah. Diskusikan dulu dengan pemilik rumah apakah memang memperbolehkan langkah perbaikan tersebut.

4. Lakukan Pengecatan

Salah satu cara paling simpel untuk memperbaiki tampilan rumah agar terasa nyaman adalah melakukan pengecatan ulang. Cara ini juga sangat disarankan jika Anda menyewa rumah lama dan terasa usang. Proses pengecatan ulang akan membantu meningkatkan estetika rumah dan sudah pasti akan memberi kenyamanan.

Bagaimana dengan biaya pengecatan? Hal ini bisa didiskusikan langsung dengan pemilik rumah. Jika memang biaya pengecatan ditanggung sendiri maka tak masalah sebenarnya. Lagipula rumah ini akan Anda tempati sehingga tak apa mengeluarkan biaya lebih demi membuat rumah menjadi tempat yang nyaman.

5. Isi dengan Perabot Sendiri

Jika ingin merasa nyaman tinggal di rumah kontrakan, maka sangat disarankan untuk memilih rumah yang kosong tanpa perabot. Ada banyak pilihan rumah kontrakan Cirebon yang disewakan kosong. Ini akan membuat harga sewanya jauh lebih murah dan Anda juga bisa lebih leluasa mengatur isi rumah. Penuhi saja rumah dengan perabotan milik sendiri sesuai kebutuhan dan selera pribadi.

Mengatur isi rumah menjadi salah satu cara bagi Anda untuk merasa nyaman di rumah tersebut. Tak perlu ragu mengeluarkan modal mengisi rumah kontrakan dengan perabot yang disukai. Pada akhirnya barang-barang tersebut juga akan menjadi milik Anda jika sudah punya rumah sendiri nanti.

6. Tambahkan Dekorasi

Banyak orang berpendapat bahwa mendekorasi rumah kontrakan itu tidak ada artinya. Rumah itu bukan milik sendiri dan dekorasi rumah ini hanya akan membuang waktu juga energi. Padahal, dekorasi rumah kontrakan juga penting untuk membuat Anda lebih nyaman beraktivitas di dalam rumah.

Tak ada salahnya meletakkan beberapa aksen dekorasi di sudut-sudut rumah. Anda pasti punya selera gaya interior rumah sendiri. Maka aplikasikan selera tersebut ke rumah kontrakan yang Anda tempati. Rumah akan terasa lebih indah dan tentu Anda jadi lebih nyaman tinggal di sana.

7. Bersihkan Setiap Hari

Kebersihan menjadi poin utama yang harus diperhatikan untuk membuat Anda nyaman tinggal di kontrakan. Entah ini rumah pribadi atau rumah sewa sebenarnya memang sangat penting untuk menjaga kebersihannya. Pastikan Anda membersihkan rumah setiap hari dan mengatur perabotan di dalam rumah dengan baik.

Jika rumah dalam kondisi bersih, maka energi positif akan datang memenuhi rumah. Anda pun juga jadi lebih sehat karena lingkungan tempat tinggalnya terjaga bersih. Jangan lupa, atur juga isi rumah agar tidak dipenuhi barang-barang sampah. Dalam satu bulan sekali Anda bisa decluttering untuk membuang barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan lagi.

Itulah 7 tips untuk menciptakan rumah kontrakan nyaman bagai rumah sendiri. Jika Anda saat ini sedang mencari rumah kontrakan Cirebon yang nyaman dan harganya pas, jangan malas melakukan survei. Dari berbagai tempat pasti Anda akan menemukan jodoh rumah yang nyaman sesuai harapan.

 

Sumber:

https://www.cermati.com/artikel/7-tips-tinggal-di-kontrakan-terasa-seperti-rumah-sendiri

https://www.rumah123.com/panduan-properti/tips-properti-83041-menata-rumah-kontrakan-id.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar