Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Senin, 22 November 2021

7 Tips Memilih Apartemen yang Nyaman bagi Milenial



Apartemen merupakan salah satu jenis hunian yang banyak diburu saat ini. Tipe hunian ini memang sangat nyaman dan cocok sekali bagi millennial. Apartemen sangat sesuai dengan karakter milenial yang mengutamakan privasi dan kenyamanan. Selain itu apartemen juga memiliki sifat modern sehingga sangat cocok dengan milenial yang selalu mengikuti perkembangan zaman.

Tips Pilih Apartemen

Ada banyak sekali pilihan apartemen yang ada di Indonesia. Milenial harus berhati-hati saat akan memilih unit apartemen untuk dibeli. Jangan sampai asal memilih dan berakhir mendapatkan apartemen yang tidak nyaman dan tidak sesuai dengan ekspektasi. Berikut adalah 7 tips efektif memilih apartemen yang nyaman untuk ditinggali:

1. Tentukan Bujet

Langkah pertama yang tentu akan sangat penting untuk dilakukan adalah menentukan bujet. Sebelum beli aset properti apapun, ketahui dulu jumlah bujet yang Anda miliki. Ini akan sangat bermanfaat untuk Anda pakai sebagai acuan memilih apartemen yang tepat. Jangan pernah membidik apartemen yang harganya jauh dari ketersediaan bujet Anda.

Saat ini ada banyak sekali pilihan apartemen dengan penawaran harga yang bervariasi. Sangat disarankan untuk melakukan seleksi apartemen berdasarkan harganya. Buat list mana saja fasilitas apartemen yang harganya masih masuk dengan bujet Anda.

2. Pilih Lokasi yang Strategis

Selanjutnya silakan cari tahu mana saja lokasi apartemen yang strategis. Penting sekali untuk mendapatkan apartemen dengan lokasi strategis karena ini akan sangat mempermudah mobilitas Anda. Semakin strategis lokasi apartemen yang Anda pilih maka akan semakin baik karena bisa memperlancar aktivitas. Anda juga bisa lebih mudah pergi kemana-mana menjangkau berbagai jenis fasilitas.

Faktor lokasi ini juga harus dipikirkan berdasarkan tempat Anda bekerja. Sebisa mungkin pilihlah lokasi apartemen yang dekat dengan kantor atau tempat kerja Anda. Ini akan mempermudah mobilitas, menyingkat waktu, serta membuat aktivitas sehari-hari jadi lebih fleksibel.

3. Perhatikan Kelengkapan Fasilitas

Cek dulu kelengkapan fasilitas yang tersedia di apartemen. Baik itu fasilitas dalam unit maupun fasilitas umum di luar unit. Tentunya Anda ingin tinggal di lokasi apartemen yang fasilitasnya lengkap, bukan? Oleh sebab itu perhatikan fasilitas apa saja yang tersedia di sana dan pilihlah apartemen yang menyediakan fasilitas lengkap sesuai kebutuhan.

Untuk fasilitas dalam unit apartemen, Anda bisa melihat apakah fasilitas saluran listrik dan airnya baik atau tidak. Kemudian cari tahu apakah unit apartemen sudah dilengkapi dengan furnitur atau belum. Selain itu silakan cari tahu juga ada fasilitas umum apa saja yang bisa digunakan secara umum, mulai dari fasilitas olahraga, tempat makan, laundry, dan sebagainya.

4. Belilah saat Soft Launching

Bagi Anda yang bujetnya masih terbatas, cobalah untuk melakukan pembelian saat soft launching. Biasanya ada banyak sekali promo dan penawaran menarik yang diberikan ketika soft launching. Itulah mengapa sangat disarankan untuk membidik apartemen-apartemen yang masih baru dan belum diresmikan. Nantinya Anda bisa mendapat harga spesial jika melakukan pembelian saat soft launching.

Anda tentu sudah sering melihat iklan-iklan promo unit apartemen dengan penawaran menarik ketika soft launching. Bukan hanya dalam bentuk potongan harga tetapi juga dalam bentuk lain seperti bonus furnitur atau mungkin cashback. Intinya ambil saja program promo yang dirasa bisa menguntungkan dan membuat biaya pembelian unit apartemen jadi lebih ringan.

5. Cek Kredibilitas Developer

Jangan lupa cek dulu kredibilitas developer yang melakukan pembangunan apartemen. Pastikan bahwa developer yang terlibat punya kredibilitas tinggi sehingga memiliki kualitas yang baik dalam membangun unit apartemen. Jangan mudah percaya dengan penawaran serba menarik dari pihak developer yang mungkin belum kredibel dan tidak ada pengalaman.

Membeli apartemen dari developer yang kredibel akan sangat mempermudah diri Anda sendiri. Uang yang Anda keluarkan untuk membeli apartemen akan digunakan untuk membayar hunian atau tempat tinggal yang memang berkualitas baik. Jadi Anda bisa dengan nyaman menempati apartemen tersebut dan dijamin bebas dari tindak penipuan developer properti.

6. Pastikan Ada Legalitas Bangunan

Selanjutnya pastikan dulu bahwa apartemen yang akan Anda beli sudah memiliki izin resmi. Legalitas bangunan ini memang jadi salah satu faktor penting untuk dipertimbangkan ketika akan membeli aset properti. Jangan sampai Anda harus berurusan dengan masalah hukum karena membeli unit apartemen yang tidak ada legalitas bangunannya.

Tanyakan kepada pihak developer mengenai kelengkapan dokumen legalitas bangunan. Pastikan bahwa semua dokumen sudah lengkap dan memang sesuai dengan unit yang akan Anda beli. Bukti ini juga bisa menjadi bahan untuk menilai apakah pihak developer memang bisa dipercaya atau tidak.

7. Pilih Unit sesuai Kebutuhan

Tersedia banyak tipe unit apartemen yang bisa Anda pilih. Tentunya Anda sangat disarankan untuk memilih unit apartemen yang paling sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, Anda tinggal sendiri dan belum menikah berarti Anda bisa memilih unit apartemen dengan satu kamar. Sebaliknya jika sudah berkeluarga maka pilihlah unit apartemen yang punya lebih dari satu kamar.

Selain itu, sesuaikan juga pilihan unit apartemen dengan rencana Anda di masa depan. Misalnya, jika Anda berencana untuk menambah anak maka pilihlah unit apartemen yang cukup luas sekalian agar tidak ribet ketika punya anak lagi. Tentu saja kebutuhan masing-masing orang akan berbeda sehingga Anda tidak bisa membandingkan kebutuhan Anda dengan orang lain.

Itulah tadi 7 tips memilih apartemen yang cocok bagi milenial. Pastikan untuk cermat memilih dan jangan terburu-buru melakukan transaksi pembelian baik itu secara cash atau KPR. Jika Anda tertarik untuk membeli apartemen maupun mencari hunian lain di wilayah Bekasi maka Anda bisa mengunjungi laman berikut https://www.rumah.com/kpr/kalukaltors/simulasi-kredit-rumah.

Sumber:

https://www.rumah123.com/panduan-properti/membeli-properti-66854-13-tips-membeli-apartemen-id.html

https://www.rukita.co/stories/tips-memilih-apartemen-untuk-pemula/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar