Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Minggu, 14 November 2021

Barapa Suhu Normal Bayi? Ikuti Kiat Mengukurnya dengan Tepat!


Berapa suhu normal bayi pada umumnya? Bila suhu normal orang dewasa berkisar 36.1 sampai 37.2 derajat celsius, sedangkan bayi memiliki suhu normal berkisar 36.6 sampai 37.2 derajat celsius. Bila bayi Anda mengalami kenaikan suhu tubuh hingga berada di pengukuran 38 hingga 38.8 derajat celsius tanpa tanda menurun dalam tiga hari, maka segera bawa si kecil ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih serius.

Cara Memahami Suhu Normal Bayi Hingga Demam

Ada banyak hal yang menyebabkan seseorang alami kenaikan suhu di atas normal, tetapi Anda tidak boleh langsung menyimpulkan seseorang demam karena faktor suhu tersebut. Orang yang memiliki aktivitas padat atau berada di lingkungan yang panas akan mengalami kenaikan suhu yang signifikan. Untuk orang tua yang memiliki bayi di bawah tiga bulan atau balita pun, wajib tahu cara memahami suhu tubuh yang normal atau bayi alami demam berikut :

 

1. Mengukur suhu lewat oral

Biasanya orang tua akan memahami bayi demam dengan menyentuhkan telapak tangan ke dahi, pipi atau punggung anak. Namun, ada baiknya Anda menggunakan termometer untuk hasil yang lebih optimal dan konkrit. 

 

Gunakan termometer digital untuk mengetahui suhu normal bayi lewat mulut dengan meletakkan termometer digital yang sudah menyala di bawah lidah bayi dan biarkan mulut mereka tertutup hingga alat berbunyi. Anda bisa melihat hasilnya dan mencocokkan berapa suhu normal bayi sehat. Kisaran suhu bayi alami demam lewat pengukuran oral adalah 37.5 derajat celsius.

2. Pengukuran lewat ketiak

Anda juga bisa melakukan pengukuran suhu bayi melalui pengukuran aksial atau ketiak. Letakkan termometer di bawah ketiak si kecil secara langsung atau tidak terhalang pakaiannya. Tunggu sebentar dan lihat hasil pada termometer digital Anda. Bila suhu menunjukkan lebih dari 37.2 derajat celsius, maka bayi Anda mengalami demam yang bisa disebabkan banyak hal seperti infeksi bakteri, pertumbuhan gigi dan lain-lain. 

 

3. Pengukuran rectal

Cara efektif yang bisa mengetahui suhu normal atau tidak pada bayi adalah melalui pengukuran rectal atau dubur. Anda bisa memasang termometer rektal yang sudah diolesi petroleum jelly di bagian ujung dan masukkan ke dubur si kecil sedalam dua sentimeter saja. Usahakan bayi berada pada posisi tengkurap yang nyaman sehingga Anda bisa lebih mudah melakukan pengukuran suhu ini.

 

Bayi Anda mengalami demam yang harus diwaspadai bila pengukuran suhu lewat dubur menunjukkan angka di atas 38 derajat celsius. Apalagi bayi Anda masih berusia kurang dari tiga bulan, maka gunakan patokan pengukuran suhu ini. Pasalnya, bayi yang berumur 3-36 bulan mengalami kenaikan suhu tubuh hingga 39 derajat celsius harus segera dibawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

 

Demam yang terjadi pada bayi merupakan hal lumrah yang menunjukkan sistem kekebalan tubuh tengah berkembang dalam melawan bakteri atau virus. Anda hanya perlu mewaspadai bila suhu tubuh yang tinggi tidak lekas turun dalam waktu tiga hari berturut-turut, hilang timbul selama tujuh hari atau ada tanda yang menyertai demam seperti sesak napas, bintik kemerahan, muntah, dan lain-lain. 

 

Kini Anda harus tahu berapa suhu normal bayi agar bisa membedakan si kecil sehat atau demam. Anda juga harus mewaspadai bila anak alami penurunan suhu tubuh hingga 35 derajat celsius yang rentan mengakibatkan si kecil alami hipotermia. Selain itu, ketahui faktor peningkatan suhu tubuh bayi yang disebabkan pakaian terlalu tebal, kondisi lingkungan yang panas atau demam karena infeksi bakteri atau virus, ya!

Sumber

https://www.alodokter.com/ketahui-suhu-normal-bayi-dan-cara-mengukurnya-dengan-tepat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar