Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Kamis, 16 Desember 2021

5 Kiat Mulai Menjalankan Bisnis Ekspor yang Wajib Anda Coba


Globalisasi mengubah gaya hidup masyarakat yang semakin mudah dan canggih di era digital ini. Perdagangan antar negara bukan hal yang sulit dilakukan bagi pelaku UMKM sekali pun di tahun millenial ini. Anda bisa mengirim paket dengan batasan satu kilogram ke luar negeri menggunakan jasa pengiriman barang ke luar negeri yang aman dan kredibel. Lebih mudah dan hemat biaya untuk paket dengan batasan kilogram tertentu, kenapa tidak?

Menjadi Eksportir Sukses bagi Pemula

Ekspansi bisnis ke luar negeri bukan sekadar impian belaka selama Anda memiliki tekad dan motivasi tinggi untuk menjadi eksportir sukses. Selama Anda mematuhi prosedur pengiriman barang ke luar negeri, kenapa tidak mencoba peluang bisnis yang menjanjikan ini? Supaya bisnis ekspor yang Anda jalankan bisa berjalan lancar, maka coba perhatikan beberapa kiat menjalankan bisnis bagi pemula berikut :

1. Memiliki komoditi ekspor

Apa saja komoditi ekspor Indonesia ke negara tujuan dewasa ini? Ada harus melakukan riset awal lebih dulu untuk memiliki gambaran informasi lebih detail. Perencanaan bisnis harus matang untuk mencegah risiko bangkrut atau berhenti ditengah jalan, ya! Jika Anda berencana ekspor makanan, pastikan sesuai ketentuan pemerintah Indonesia dan negara tujuan, cek kadaluarsa, pengemasan, dan lain-lain.

2. Memilih negara tujuan yang potensial

Negara tujuan yang bisa menjadi pilihan Anda melakukan ekspansi bisnis harus ditetapkan lebih dahulu. Pastikan segmen pasar negara tujuan memadai agar potensi produk Anda diterima cukup tinggi, misalnya Singapura yang minim sumber daya alam membutuhkan pasokan komoditas SDA dari Indonesia seperti buah dan sayuran, kopi, rempah, dan lain-lain.

Bila ingin ekspor buah dan sayuran, ketahui prosedur yang berlaku sebab pemerintah Singapura melarang paket buah dan sayuran yang tidak memenuhi regulasi. Hal serupa berlaku untuk komoditas lain seperti daging, telur, bahkan rendang pun.

3. Bergabung dengan portal bisnis internasional

Alibaba dan Amazon merupakan salah satu marketplace terbesar di dunia yang menjadi tempat menjual dan membeli produk internasional. Anda yang ingin ekspor atau impor Singapura bisa menjelajah ke situs terkait lebih dulu. Bergabung dengan portal bisnis internasional bisa membangun branding usaha Anda, tetapi Anda harus siap dengan rencana ekspansi mulai katalog produk online, kualitas dan harga bersaing, sistem pembayaran dengan kartu debit, kartu kredit, paypal, dan lain-lain.

4. Melengkapi dokumen yang dibutuhkan dalam proses pengiriman

Untuk pengiriman produk partai besar yang menggunakan jasa kargo, Anda harus melengkapi semua dokumen yang dibutuhkan untuk mendukung proses pengiriman ke luar negeri tersebut.

5. Gabung dengan fasilitas pemerintah

Pemerintah Indonesia menyediakan situs Kemendag yang bisa memudahkan Anda untuk meningkatkan potensi bisnis lokal go internasional. Jangan lupa untuk mengikuti pameran, bazaar atau expo yang diselenggarakan pemerintah agar memiliki relasi yang lebih luas.

Kini Anda hanya perlu meningkatkan potensi bisnis dengan strategi pemasaran yang apik lewat media sosial atau platform online lain. Gunakan jasa pengiriman barang ke luar negeri yang terpercaya untuk kemudahan pengiriman paket mulai jemput di rumah, proses input data, tracking hingga diterima pelanggan di luar negeri, ya!

 

Sumber

https://www.harmony.co.id/blog/bagaimana-cara-menjalankan-bisnis-ekspor-untuk-pemula

Tidak ada komentar:

Posting Komentar