Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Rabu, 20 April 2022

7 Tahap Penting Product Development Strategy Adalah…


Belajar tentang bisnis digital di era modern seperti sekarang memang memberi banyak keuntungan. Ada banyak istilah penting yang harus dipahami dalam dunia bisnis tersebut dan salah satunya adalah product development strategy. Product development strategy adalah sebuah langkah pembuatan, pengembangan, desain, juga pemasaran sebuah produk baru dalam bagian upaya rebranding.

Tahapan yang Dilalui

Strategi pengembangan produk ini membutuhkan beberapa tahapan penting yang harus dilalui. Tentunya memang dibutuhkan perencanaan yang matang agar produk baru yang akan dirilis bisa sukses besar di pasaran. Berikut ini adalah 7 tahapan penting yang perlu dilalui dalam sebuah proses pengembangan produk atau product development strategy:

1. Penciptaan dan Penyaringan Ide

Tahap pertama adalah penciptaan dan penyaringan ide. Tim akan bekerja menciptakan atau menyusun ide-ide baru terkait product development yang ingin dijalankan. Bisa saja ada banyak ide yang diciptakan dan dianggap potensial untuk menjalankan rebranding. Oleh sebab itu penciptaan ide ini juga harus diikuti proses penyaringan sehingga bisa dipilih ide terbaik dan paling potensial.

2. Pengembangan dan Pengujian Konsep

Selanjutnya masuk ke tahap pengembangan dan pengujian konsep. Jika sudah ditemukan ide dan dipilih yang terbaik maka berikutnya bisa dilakukan pengembangan serta pengujian. Ide yang sudah didapatkan akan dikembangkan lagi lalu diuji sehingga bisa diketahui dengan pasti seperti apa potensi atau peluangnya setelah produk dirilis ke konsumen nanti.

3. Pengembangan Strategi Pemasaran

Jika telah didapatkan ide atau konsep produk baru sebagai bagian dari upaya rebranding, maka selanjutnya dilakukan pengembangan strategi pemasaran. Penyusunan strategi ini dimulai dari awal yaitu sejak produk baru diluncurkan ke pasar sampai kemudian bisa diterima oleh masyarakat. Produk yang baru sebagai bentuk rebranding tentu juga harus dipasarkan dengan strategi baru pula.

4. Analisis Bisnis

Product development strategy adalah sebuah langkah yang memang membutuhkan perencanaan matang. Anda dan tim pengembangan produk harus melakukan analisis bisnis terlebih dahulu. Analisis ini dilakukan dengan meninjau ulang proyeksi penjualan. Diperlukan juga analisis mengenai biaya serta potensi keuntungan dari produk baru yang akan dijual.

5. Pengembangan Produk

Sebelum masuk tahap analisis bisnis, biasanya produk yang akan dikembangkan masih dalam bentuk prototype. Setelah dilakukan analisis bisnis barulah dilakukan pengembangan produk dalam bentuk yang nyata. Produk ini kemudian dihadirkan melalui tahap pra-rilis dan diserahkan langsung kepada masyarakat. Nantinya masyarakat sendiri yang akan memberikan penilaian terhadap produk tersebut.

6. Uji Pemasaran

Berikutnya masuk ke tahap uji pemasaran. Sebelum produk baru benar-benar dirilis secara resmi ke pasar maka harus dilakukan pengujian terlebih dahulu. UJi pemasaran ini akan dilakukan dengan cara melepaskan produk ke pasar dalam skala kecil. Langkah ini akan membantu perusahaan mendapatkan gambaran mengenai kondisi jika nantinya produk benar-benar dilepas ke pasaran.

7. Komersialisasi

Tahap terakhir adalah komersialisasi. Jika uji pemasaran sudah dilakukan dan memberi hasil yang positif maka produk baru bisa segera dilepas ke masyarakat. Kegiatan komersialisasi ini dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari promosi, iklan di berbagai media, distribusi ke lingkup yang lebih luas, dan beragam jenis kegiatan marketing lainnya.

 

Product development strategy adalah sebuah langkah penting bagi perusahaan yang ingin melakukan rebranding. Penting juga dilakukan saat perusahaan akan merilis produk baru ke masyarakat. Oleh sebab itu seorang pebisnis harus benar-benar paham mengenai strategi pengembangan produk ini. Selain itu dibutuhkan perhitungan tepat di setiap tahap agar hasilnya bisa optimal.

Sumber:

https://accurate.id/bisnis-ukm/product-development/#Pengertian_Product_Development

https://bbs.binus.ac.id/management/2019/12/product-development-strategy/#:~:text=Pengembangan%20produk%20adalah%20strategi%20yang,penelitian%20dan%20pengembangan%20yang%20besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar