Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Rabu, 25 Mei 2022

5 Cara Cegah Kebakaran di Rumah

alarm kebakaran,jenis alarm gedung,sistem alarm kebakaran gedung,sistem alarm kebakaran,alarm pemadam kebakaran,alarm kebakaran gedung,alat pendeteksi asap kebakaran,jenis heat detector

Selain masalah perumahan, keamanan di rumah menjadi salah satu isu penting yang harus diperhatikan. Keamanan yang dimaksud juga meliputi hal-hal yang bisa membahayakan rumah, kebakaran misalnya. Oleh karena itu, banyak orang yang kini memiliki kesadaran untuk memasang alarm kebakaran di rumahnya.

Selain memasang alarm sebagai langkah antisipasi, sebenarnya kebakaran juga bisa dicegah dengan beberapa hal sederhana. Kalau kamu ingin mempraktekkannya, inilah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan. Simak artikelnya sampai habis, ya!

Pencegahan Kebakaran di Rumah

Inilah langkah pencegahan kebakaran di rumah yang bisa langsung dipraktekkan.

Hati-Hati Pada Barang Elektronik

Periksa tegangan yang dibutuhkan, watt, dan sambungan listrik yang terhubung padanya. Sebelum meninggalkan rumah, pastikan untuk memutus semua aliran listrik menuju barang-barang elektronik tersebut. Apalagi jika berencana akan meninggalkan rumah dalam waktu yang lama.

Menyediakan waktu yang lebih banyak untuk mengecek kondisi rumah sebelum ditinggalkan bisa menjadi solusi yang bijak. Daripada terlewat, ujung-ujungnya bisa membahayakan, bukan?

Periksa Kualitas Kabel

Karena masih banyak sekali alat elektronik yang menggunakan kabel, maka sebaiknya kita juga melakukan pengecekan secara berkala. Apalagi jika kita meletakkan alat-alat elektronik secara berdekatan, misalnya TV, kipas angin, diffuser, dan lainnya. Kabel yang melilit tidak rapi kadang-kadang bisa memicu hubungan pendek arus listrik, loh!

Cek Kondisi Tabung Gas

Kebocoran tabung gas ataupun perangkat yang terhubung dengannya (sambungan, pengaman dan sebagainya) juga sering menjadi pemicu api yang membahayakan. Ketika memasang tabung gas ke kompor, pastikan penguncinya sudah terpasang dengan benar, tidak ada suara mendesis, dan tidak tercium bau gas yang mencurigakan.

Waspada Pada Sumber Api Potensial

Membuang puntung rokok bekas sembarangan, membakar sampah dengan jarak terlalu dekat dari rumah, atau bahkan meletakkan serbet terlalu dekat dengan kompor sebaiknya dihindari benar-benar ya. Karena walaupun sepele dan seringkali terjadi karena ketidaksengajaan, hal ini kerap kali menjadi penyebab kebakaran, terutama di tempat yang padat penduduk.

Memastikan api sudah benar-benar mati setelah kita menggunakannya akan menjadi langkah yang tepat untuk pencegahan kebakaran akibat hal-hal semacam ini.

Batasi Sambungan Listrik

Hayo, siapa yang suka sekali menggunakan terminal listrik dalam jumlah yang banyak? Penggunaan kabel sambungan ini memang dianggap sangat membantu untuk mendapatkan sumber listrik dengan mudah, walaupun jauh letaknya.

Misalnya, kita hanya memiliki satu stopkontak di kamar yang letaknya jauh dari meja belajar. Nah, dengan penggunaan terminal ini, kita bisa menghubungkan sumber listrik menjadi lebih dekat untuk dicolokkan ke perangkat elektronik, seperti charge laptop dan sebagainya.

Namun, penggunaan terminal listrik yang berlebihan ini juga beresiko, ya. Karena itu, untuk ukuran penggunaan pribadi, 3 lubang terminal mungkin sudah cukup, demi mengantisipasi adanya hubungan pendek arus listrik yang sering menjadi penyebab kebakaran!

Tentu saja tidak ada seorangpun yang berharap musibah. Tapi dengan melakukan pencegahan, setidaknya kita sudah berusaha maksimal, bukan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar