Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Minggu, 12 Juni 2022

5 Faktor Penyebab Gusi Bengkak yang Perlu Diwaspadai

gusi bengkak penyebab,penyebab bengkak gusi,makanan penyebab gusi bengkak,penyebab gusi bengkak terus menerus,penyebab gusi bengkak saat hamil,penyebab gusi bengkak dan cara mengobatinya,penyebab gusi kucing bengkak,penyebab gusi selalu bengkak,penyebab bengkak pada gusi,penyebab gusi bengkak dan obatnya

Faktor penyebab gusi bengkak sangatlah beragam. Kondisi ini pasti akan terasa mengganggu dan perlu diatasi dengan cara yang tepat. Penting sekali untuk mengetahui apa saja faktor penyebabnya sehingga kondisi tersebut dapat dicegah dengan baik. Jika memang terlanjur ada pembengkakan maka akan lebih mudah diatasi jika tahu apa penyebab pastinya.

Penyebab Pembengkakan Gusi

Gusi bengkak bisa terjadi karena banyak faktor. Perlu diingat bahwa kondisi gusi bengkak bisa memicu rasa tidak nyaman, nyeri, juga gangguan kesehatan lainnya. Mari cari tahu apa saja faktor penyebab bengkaknya gusi dan bagaimana cara untuk menghindarinya.

1. Gingivitis

Faktor pertama yang memicu gusi bengkak adalah gingivitis. Ini merupakan kondisi peradangan atau inflamasi pada gusi. Bengkak merupakan salah satu tanda atau efek peradangan yang paling sering terjadi. Pembengkakannya juga bisa jadi lebih parah jika inflamasi terus berlanjut.

Gingivitis terjadi karena banyak faktor. Salah satunya adalah penumpukan plak pada gigi. Jika plak menumpuk di gigi maka akan mendesak ke area gusi dan akhirnya memicu inflamasi karena penuh dengan bakteri. Oleh sebab itu pastikan untuk menyikat gigi secara rutin agar plak gigi tidak menumpuk dan menyebabkan gingivitis.

2. Trauma

Gusi bengkak juga bisa terjadi karena adanya trauma atau benturan pada gusi. Umumnya hal ini terjadi saat Anda menyikat gigi terlalu keras dan akhirnya sikat membentur gusi. Kejadian seperti ini memang sangat sering terjadi dan biasanya akan memicu sariawan hingga pembengkakan gusi.

Penting sekali untuk menyikat gigi secara hati-hati agar terhindar dari trauma. Memang dibutuhkan tenaga saat menyikat gigi namun tak perlu berlebihan. Sikat gigi dengan tenaga sewajarnya saja asalkan bersih tanpa harus menyakiti gusi.

3. Kebiasaan Merokok

Tidak hanya berbahaya untuk kesehatan tubuh, merokok juga berdampak buruk bagi gigi dan mulut. Merokok bisa melemahkan sistem pertahanan atau imun sehingga mempermudah infeksi bakteri pada gusi. Selain itu merokok juga bisa memicu pelebaran pembuluh darah sehingga risiko bengkak jadi lebih besar.

Itulah mengapa sangat penting untuk menerapkan pola hidup sehat. Salah satunya dengan menghindari rokok. Jika memang terbiasa merokok maka lakukan berbagai upaya untuk meninggalkan kebiasaan tersebut. Bisa dengan mencari hobi lain maupun mengganti rokok dengan camilan lebih sehat.

4. Kekurangan Vitamin

Asupan vitamin sangatlah penting bagi tubuh. Kekurangan vitamin bisa menyebabkan banyak gangguan kesehatan dan salah satunya adalah masalah pada rongga mulut. Dua jenis vitamin yang penting bagi kesehatan gusi adalah vitamin B dan C.

Vitamin C berperan dalam proses pembentukan kolagen yang akan memperkuat jaringan gusi. Sementara itu vitamin B akan memperlancar proses pertumbuhan sel dan peredaran darah. Itulah mengapa gusi jadi lebih sehat jika Anda mengonsumsi makanan bergizi dan mendapat cukup banyak asupan vitamin.

5. Infeksi

Gusi bisa bengkak jika terjadi infeksi bakteri maupun virus. Kondisi seperti ini sangat mudah terjadi apalagi jika tingkat kebersihan rongga mulut sangat rendah. Belum lagi jika asupan gizi tidak memadai maka infeksi akan jauh lebih mudah terjadi.

Usahakan untuk selalu menjaga kebersihan rongga mulut secara optimal. Rajinlah menyikat gigi dan berkumur dengan mouthwash. Selain itu rutin cek kondisi rongga mulut ke dokter gigi untuk mengoptimalkan kebersihannya. Jangan lupa konsumsi makanan bergizi agar tubuh mendapat asupan vitamin yang memadai.

Ada banyak faktor penyebab gusi bengkak yang penting untuk diwaspadai. Pastikan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut sebaik mungkin. Jika terjadi pembengkakan pada gusi, berkumurlah dengan larutan air hangat dan garam atau bisa langsung periksa ke dokter gigi agar bisa mendapat solusi terbaik.

Tidak ada komentar: