Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Kamis, 23 Juni 2022

Cara Membuat Batik Tulis yang Bisa Anda Coba

bagaimana cara membuat batik tulis
Batik merupakan kekayaan Indonesia sudah terdaftar di UNESCO sebagai warisan budaya dunia. Sebagai generasi penerus, Anda perlu bangga dan percaya diri memakai hasil karya para pengrajin batik lokal Indonesia yang mendunia. Tidak hanya memakai pakaian batik saja, Anda juga bisa turut serta menjaga warisan leluhur dengan belajar cara membuat batik. Bagaimana cara membuat batik tulis yang berkualitas? Yuk, simak rangkuman singkat berikut ini!

Kiat Belajar Cara Membuat Batik Tulis yang Baik

Sebagai pemula yang baru belajar bagaimana cara membuat batik tulis, Anda bisa mencoba dengan tips berikut :

1. Menyiapkan alat dan bahan membuat batik

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan alat dan bahan membuat batik tulis lebih dulu. Untuk pemula yang baru belajar, sebaiknya Anda memakai bahan kain mori yang lebih terjangkau dibandingkan kain katun atau sutera. Selain itu, persiapkan alat untuk membatik seperti canting, lilin, panci dan kompor, larutan pewarna yang diinginkan, serta gawangan untuk menjemur kain batik.

2. Rendam kain mori dalam wadah air bersih semalaman

Berfungsi untuk menghilangkan kanji dari pabrik yang melebihi standar, kemudian pukul-pukul kain mori yang sudah direndam semalam dan bilas memakai air bersih. Kain harus dikanji tipis agar lilin tidak meresap pada kain tersebut, ya!

3. Mulai membuat desain batik

Setelah melapisi kanji tipis pada kain mori, langkah selanjutnya adalah membuat desain batik sesuai selera. Bagi pemula yang masih belajar membuat batik, gunakan pensil membuat motif batik klasik berupa simbol-simbol atau motif pesisiran bergambar kupu-kupu atau bunga.

4. Mulai melukis dan mengisi bagian putih di kain

Anda bisa mulai melukis pakai lilin yang sudah dicairkan pada motif kain yang telah digambar memakai pensil. Isi bagian putih kain yang tidak akan diberi warna dengan canting halus, sedangkan canting kuas untuk mengisi bagian putih yang besar.

5. Proses pewarnaan kain

Setelah proses membatik selesai, Anda masuk ke tahap pewarnaan dengan mencelupkan kain ke dalam warna sesuai selera. Keringkan dengan menjemur kain batik, kemudian lakukan tahapan melukis kain kembali dengan canting dan lakukan pewarnaan kedua.

6. Menghilangkan lilin dan mulai membatik kembali

Hilangkan lilin yang menempel pada batik dengan cara mencelupkan kain batik ke air yang sudah direbus di atas tungku. Bila kain sudah bersih dari lilin dan kondisi kering, Anda bisa mulai membatik kembali guna mempertahankan warna kain setelah proses pewarnaan pertama dan kedua.

7. Proses nglorot

Nglorot adalah proses merebus kain yang sudah berubah warna memakai air panas yang berfungsi menghilangkan lapisan lilin pada kain tersebut. Fungsi nglorot bisa membuat motif pada kain tampak lebih jelas dan menarik. Bila sudah selesai proses nglorot, Anda tinggal mencuci batik dan jemur sampai kering. Kain batik tulis yang sudah melewati tahap pembuatan terakhir bisa mulai Anda gunakan untuk bahan pakaian atau tas kain yang unik.

Kini Anda sudah tahu bagaimana cara membuat batik tulis yang lumayan rumit, bukan? Proses pembuatan batik tulis yang lama membuat harga batik tulis lebih mahal dibandingkan dengan batik cap ala pabrikan. Perlu keuletan dan kerajinan dalam membuat batik tulis yang perlu dihargai lebih mahal. Anda juga harus tahu cara merawat pakaian dari batik tulis untuk menjaga warna batik tetap bagus dan cemerlang sehingga motif tampak lebih jelas. Yuk, lestarikan budaya leluhur bangsa dengan belajar cara membuat batik tulis sendiri!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar