Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Kamis, 23 Juni 2022

Cek Kesehatan Gigi Anda Sebelum Rencanakan Kehamilan!

rekomendasi dokter gigi terbaik Jakarta

Ketika hamil, calon ibu harus melakukan persiapan sematang mungkin agar kondisi tubuhnya mendukung tumbuh kembang janin. Salah satu bagian tubuh yang harus diperiksa baik-baik adalah gigi dan rongga mulut. Maka tak ada salahnya Anda mencari rekomendasi dokter gigi terbaik Jakarta yang dapat diandalkan untuk pemeriksaan berkala.

Lalu, mengapa bumil harus mengecek kondisi gigi juga? Silakan cek penjelasannya berikut ini!

Kondisi kesehatan gigi terhadap janin

drg. Farichah Hanum M.Kes, ketua PB PDGI, mengungkapkan terdapat data-data valid yang menyatakan adanya hubungan antara kelahiran prematur dengan penyakit dari gigi. Bakteri yang muncul hingga memicu masalah pada gigi dan mulut dapat ditularkan ke bagian tubuh lain, malah bisa berimbas ke otak, jantung, sampai janin.

Kemudian, morning sickness yang dialami bumil hingga muntah-muntah dapat menyebabkan peningkatan kadar asam. Hal ini merupakan salah satu pemicu timbulnya infeksi dan gigi berlubang karies. Bumil pun bakal semakin kesulitan mengonsumsi makanan untuk asupan nutrisi janinnya.

Di sisi lain, dokter harus hati-hati saat mengambil tindakan, terutama menentukan obat yang akan dikonsumsi bumil. Akan lebih baik apabila dokter gigi berkomunikasi dengan dokter kandungan saat hendak memberikan penanganan. Misalnya kalau dokter kandungan menyatakan kondisi janin masih lemah, maka dokter gigi harus menunda prosedur tertentu sampai kesehatan bumil membaik.

Lakukan check-up sejak merencanakan kehamilan

drg. Andy Wirahadikusumah, Sp. Pros, dokter gigi sekaligus spesialis prostodontiks, menyarankan perawatan gigi sebaiknya dilakukan sebelum mengikuti program kehamilan. Check-up ke dokter gigi pun dianjurkan untuk mengetahui kondisi kesehatan gigi Anda.

Pemeriksaan gigi secara berkala dapat membantu mengidentifikasi gangguan yang bisa saja tak terasa, misalnya gigi retak atau berlubang. Jika diketahui sejak dini, dokter bisa menyarankan Anda melakukan pembersihan karang hingga penambalan gigi. Dengan kondisi gigi yang sehat dan terawat, masa kehamilan yang Anda jalani selama sembilan bulan pun tak akan rawan masalah.

Bagaimana kalau perempuan hamil walau tak direncanakan, tetapi belum check-up kondisi gigi? Dalam hal ini, dr. Andy menganjurkan tindakan seperti pembersihan atau penambalan dilakukan saat usia kandungan memasuki trimester kedua (4-6 bulan). Jika belum terlalu parah atau masih bisa ditunda, dokter gigi dapat menanganinya setelah persalinan berlangsung.

Kemudian, selain rutin melakukan pemeriksaan, bumil juga harus rutin memeriksa gigi di rumah. Misalnya dengan menyikat gigi menggunakan sikat berbulu halus dan lembut. Dental floss pun bisa diandalkan buat mengangkat sisa kotoran. Konsumsi juga makanan dan minuman yang membantu Anda menyehatkan gigi dan janin.

Jika yakin membutuhkan perawatan gigi di masa kehamilan, segera cari klinik dokter gigi terbaik di sekitar Anda. Jadi, Anda akan lebih mudah berkonsultasi atau melakukan tindakan aman selama mengandung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar