Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Senin, 27 Juni 2022

ROG Zephyrus G14 (2022) Laptop Spesialis Gaming dengan Performa Luar Biasa



Sejak mulai pertamanya dikenalkan di tahun 2020, ROG Zephyrus G14 langsung diangkat jadi satu diantara laptop gaming yang amat disenangi oleh beberapa gamer. Mengangkat body singkat dengan monitor 14-inci, diberi detail yang powerful, dan punya bentuk antik dengan spek AniMe Matrix Display yang bisa dikustomasi.

Biarpun begitu, tiga perihal itu tidak argumen khusus kenapa begitu banyak orang yang mencintai ROG Zephyrus G14. Tidak sekedar beberapa gamer, laptop gaming ini bahkan juga sangatlah disenangi oleh pemakai non gamer karena profile rancangannya yang minimalis bahkan juga mapir tidak kelihatan menjadi laptop gaming. Walau sebenarnya semuanya elemen yang dibawa oleh ROG Zephyrus G14 GA402 merupakan hardware kelas gaming yang paling powerful.

Pada tahun 2022 kesempatan ini, ROG Zephyrus G14 kembali ada dengan pelbagai penambahan tidak sekedar dari segi detail hardware tapi juga dari spek yang digotongnya. Tidak sama dengan pelopornya, ROG Zephyrus G14 (2022) kesempatan ini pun diberi dengan gabungan CPU serta GPU dari AMD, adalah AMD Ryzen 6000 Mobile Seri serta AMD Radeon RX 5000 Seri. Gabungan ke-2 nya mendatangkan keunggulan spesifik dalam soal optimasi karena ke-2 nya bekerja dengan baik sekali di struktur operasi Windows 11.

Disamping itu, ada sangat banyak spek yang dipertingkat di ROG Zephyrus G14 (2022) dibanding dengan pelopornya, dimulai dari trekpad, kehadiran webcam, sampai struktur pendinginnya. Apa penambahan yang ASUS ROG datangkan kesempatan ini? Silahkan kita bahas.

Masih Singkat serta Lebih Nyaman Dipakai


Satu diantaranya soal yang bikin seri ROG Zephyrus G14 sangatlah tenar merupakan punyai bentuk yang paling nyaman dipakai dan singkat. Monitornya yang mempunyai ukuran 14-inci bikin laptop gaming ini lebih singkat dari laptop gaming secara umum yang rerata mengangkat monitor 15-inci. Disamping bikin ukuran laptop bertambah lebih singkat keseluruhannya, monitor 14-inci pun lebih disenangi buat pemakai yang punya mobilisasi tinggi. Itu kenapa banyak pemakai non-gamer juga mencintai ROG Zephyrus G14, karena seri laptop ini adalah satu diantaranya seri laptop 14-inci yang amat powerful sampai waktu ini.

ROG Zephyrus G14 (2022) sendiri punya body dengan tebal gak lebih dari pada 2cm serta berat di angka 1,72Kg. Lantaran dimensi serta berat itu, ROG Zephyrus G14 (2022) masih termasuk sangatlah portabel serta simpel untuk dibawa bepergian. Anda bahkan juga tak usah perlu tas privat mempunyai ukuran besar untuk bawa laptop gaming ini. Perlu diutamakan kembali jika ROG Zephyrus G14 (2022) merupakan suatu laptop gaming serta detail itu tunjukkan jika laptop gaming ini mempunyai bobot dan ketebalan yang hampir mirip dengan laptop 14-inci pada umumnya.

Beberapa hal bentuk pada ROG Zephyrus G14 (2022) pun sudah dipertingkat, antara lainnya pada keyboard. ROG Zephyrus G14 (2022) memanfaatkan keyboard dengan traveling distance 1,4mm yang direncanakan privat biar nyaman dipakai untuk pelbagai rutinitas (bukan cuma gaming). Keyboard-nya pun saat ini diberi dengan 4 tombol programmable macro yang bisa dipakai untuk mempertingkat produktiitas atau mungkin menjadi tombol pintasan extra ketika bermain game.

Bicara bab keyboard, ROG Zephyrus G14 (2022) masih mengangkat spek ErgoLift dengan engsel yang saat ini bisa dibuka sampai 180 derajat untuk membantu Anda berkolaborasi. ErgoLift pun bikin status menulis bertambah lebih nyaman dan bisa menolong struktur pendingin bekerja lebih maksimum lantaran rongga udara extra yang didatangkan waktu laptop ini dipakai.

Dibanding dengan pelopornya, ASUS memang membuat ROG Zephyrus G14 (2022) biar bertambah nyaman dipakai serta perihal itu tercermin langsung pada touchpad yang saat ini mempunyai ukuran lebih besar. Bahkan juga sampai 50% lebih luas dibanding dengan ROG Zephyrus G14 angkatan sebelumnya. Touchpad itu pun direncanakan biar sangatlah tepat waktu dipakai hingga bikin pemakai ROG Zephyrus G14 (2022) tak usah memanfaatkan mouse terkecuali ketika bermain game.

Laptop Gaming Amat Fashionable

Satu diantaranya pembanding ROG Zephyrus G14 (2022) dengan laptop gaming yang lain merupakan rancangannya yang paling modis. Tidak semata-mata hanya singkat, ROG Zephyrus G14 (2022) pun punya body dengan bentuk yang termasuk low-profile untuk suatu laptop gaming hingga memungkinkan untuk bawa laptop gaming ini ke perjumpaan sah atau dipakai di kantor.

Akan tetapi waktu spek AniMe Matrix Display-nya dihidupkan, ROG Zephyrus G14 (2022) berbeda keseluruhan jadi suatu laptop gaming. AniMe Matrix Display adalah spek berbentuk jejeran lapmpu LED di bagian belakang monitor ROG Zephyrus G14 (2022) yang bisa dikustomasi. AniMe Matrix Display bisa dipakai untuk menghadirkan text sampai animasi. Gamer bisa pula menunjuk animasi yang pengin diperlihatkan atau memasangkan animasi bikinannya sendiri. Kustomasi tanpa batasan pada laptop gaming cuma berada di AniMe Matrix Display.

AniMe Matrix Display bisa pula menghadirkan figur Omni, adalah mascot sah dari ROG. Tidak sekedar sampai di sana, gamer bahkan juga bisa bermain Bersama Omni di bervariasi mini permainan yang sudah disediakan. Sudah pasti penampilan AniMe Matrix Display bakal menyerasikan dengan mini permainan yang dimainkan.

Temani AniMe Matrix Display, ROG Zephyrus G14 (2022) pun ditambahkan dengan keyboard yang menyuport spek ROG Aura RGB. Jadi disamping dapat lakukan kustomasi pada AniMe Matrix Display, gamer bisa pula bikin netbooknya tampil tidak sama dengan RGB LED keyboard yang bisa dipersonalisasi. Menjadi tambahan, ROG Zephyrus G14 (2022) pun menyuport pemakaian ROG Aura Wallpaper yang bisa disinkronisasikan dengan ROG Aura RGB.

Monitor Lebih Luas serta Diberi Webcam

Apabila disaksikan secara teliliti, ROG Zephyrus G14 (2022) punya dimensi body yang sedikit tidak sama dengan pendahulunya. Perihal itu disebabkan ROG Zephyrus G14 (2022) saat ini memanfaatkan monitor dengan rasio 16:10, tidak sama dengan angkatan awal mulanya yang memanfaatkan monitor 16:9.

Rasio monitor 16:10 bikin pemakai ROG Zephyrus G14 (2022) lebih nyaman waktu memanfaatkan laptop gaming ini untuk pelbagai rutinitas karena rasio itu bisa mendatangkan tempat kerja (working ruang) yang lebih luas. Menjadi tambahan, ukuran bezel laptop gaming ini pun termasuk sangatlah tipis hingga lebih kelihatan menjadi laptop kekinian yang fashionable dan minimalis.

ROG Zephyrus G14 (2022) pun saat ini diberi dengan suatu webcam terintegrasi. Bukan cuma webcam biasa, tapi suatu webcam dengan sesor infra merah yang menyuport spek facial recognition. Ya, ROG Zephyrus G14 (2022) telah menyuport spek facial recognition login lewat Windows Hello. Maknanya Anda tidak perlu menuliskan kode atau scan sidik jemari, cukup tujukan muka ke camera serta struktur bakal mengijinkan Anda untuk login secara otomatis.
Sambungan Komplet
Tidak sama dengan pemakai mainstream yang tetap bisa nyaman waktu memanfaatkan laptop dengan dongle, gamer tidak bisa mentoleransi soal itu. Disamping bikin ribet, dongle pun memiliki potensi mengacaukan waktu gamer bermain game. Untuk itu laptop gaming penting punya sambungan yang oke biar pelbagai aksesoris gaming dapat disambungkan dengan mudah.

Gak kecuali ROG Zephyrus G14 (2022). Laptop gaming terakhir tersbeut telah diberi port yang paling komplet dimulai dari USB 3.2 Gen2 Model-A untuk mengaitkan keyboard atau mouse gaming, HDMI 2.0b untuk mengaitkan laptop gaming ini ke monitor tambahan, 3.5mm combo audio jack untuk mengaitkan earphone gaming, sampai USB 3.2 Model-C untuk mengaitkan pelbagai fitur serta aksesoris kekinian

Menariknya kembali, ROG Zephyrus G14 (2022) telah diberi dengan port angkatan terakhir adalah USB 4.0 Model-C. Biarpun secara fisik kelihatan persis seperti port USB Model-C secara umum, port itu bisa memberi kecepatan data transfer yang  lebih cepat dari port USB yang lain berada di ROG Zephyrus G14 (2022) adalah sampai 40Gbps. Port ini pun sudah menyuport spek USB Power Delivery sampai 100W, dan DisplayPort hingga gamer dapat mengaitkan ROG Zephyrus G14 (2022) ke monitor kekinian lewat USB Model-C.

ROG Zephyrus G14 (2022) pun diberi dengan sambungan nirkabel berteknologi terakhir adalah WiFi 6E. Tidak sama dengan tehnologi WiFi yang lain, WiFi 6E punya frekwensi extra yang dapat dipakai disamping 2,4GHz serta 5GHz, adalah 6GHz. Frekwensi 6GHz tawarkan kecepatan data transfer dan latensi yang lebih rendah, hingga sangatlah sesuai untuk gamer. Frekwensi 6GHz di WiFi 6E memungkinkannya pengalaman online gaming yang lebih bagus serta kurang lag lantaran latensi yang paling rendah.

Buat gamer yg menyukai memanfaatkan mouse, controller, atau earphone Bluetooth, ROG Zephyrus G14 (2022) sudah diberi dengan Bluetooth 5.2. Menjadi tambahan, ROG Zephyrus G14 (2022) pun ada dengan pembaca kartu MicroSD.

Perform Lebih Cepat

ROG Zephyrus G14 (2022) adalah satu diantaranya laptop yang berkumpul dalam program AMD Advantage yang menyatukan peranan CPU AMD Ryzen 6000 Mobile Seri dengan GPU AMD Radeon RX 6000S Seri. Gabungan CPU serta GPU dari AMD itu memungkinkannya optimasi yang focus pada tiga soal, adalah perform gaming terunggul, mutu monitor terunggul, dan mobilisasi tinggi. Tidak itu saja, laptop gaming dengan AMD Advantage pun diberi dengan bervariasi spek eksklusif.

Spek pertama merupakan SmartAccess Memori. Spek itu memungkinkannya CPU AMD Ryzen 6000 Mobile Seri supaya dapat membuka semua memory di GPU AMD Radeon RX 6000S Seri. Awal mulanya, CPU cuma bisa membuka Sejumlah kecil memory punya GPU. SmartAccess Memori bisa mengeliminasi bottleneck itu hingga CPU serta GPU bisa manfaatkan lajur data PCI Cepat secara maksimal. Smart Akses Memori bisa mempertingkat perform gaming sampai 15%.

ROG Zephyrus G14 (2022) pun ditambahkan dengan spek SmartShift, adalah spek yang memungkinkannya pembagian daya di antara CPU serta GPU yang lebih maksimal. SmartShift bikin ROG Zephyrus G14 (2022) supaya dapat bekerja lebih maksimum sama dengan keperluan. Semisalnya waktu bermian permainan yang perlu perform GPU, SmartShift bakal mendistribusikan kelebihan daya pada CPU ke GPU hingga perform gaming bisa tampil lebih baik. Kebalikannya waktu laptop perlu perform extra untuk CPU, struktur bakal mendistribusikan daya berlebihan dari GPU ke CPU.

Disamping spek dari AMD, ROG Zephyrus G14 (2022) pun ditambahkan dengan MUX Switch seperti sama semua barisan laptop gaming ASUS yang ada pada tahun 2022. MUX Switch adalah chip privat yang bisa lakukan bypass lajur visual dari discrete GPU langsung ke monitor. Awal mulanya, lajur visual dari discrete GPU mesti melintasi integrated GPU terlebih dulu hingga perpanjang aliran yang membuat pengurangan framerate ketika bermain game.

Lantaran MUX Switch saat ini lajur visual dapat dipindahkan dari discrete GPU dengan cara langsung ke monitor atau dipindahkan ke integrated GPU. MUX Switch memberi penambahan framerate sampai 30% di permainan Rainbow Six Siege dan sebesar 9% di banyak judul permainan populer lainnya. Tidak itu saja, MUX Switch pun memberi pilihan pada gamer untuk pilih untuk aktifkan integrated GPU serta mengirit battery, atau mengoptimalkan perform dengan tergantung penuh pada discrete GPU.

Dibanding dengan seri pelopornya, ada sekian banyak hal di ROG Zephyrus G14 (2022) yang sudah di-upgrade pada segi fiturnya. Pertama, slots penyimpanan ROG Zephyrus G14 (2022) telah menyuport PCIe 4.0 SSD. Struktur penyimpanan data terakhir itu tawarkan kecepatan baca serta catat yang paling cepat serta bakal punya pengaruh langsung di saat loading di permainan atau waktu jalankan pelbagai program.

Berikut hasil benchmark ROG Zephyrus G14 (2022) yang memanfaatkan CPU AMD Ryzen 9 6900HS serta GPU AMD Radeon RX 6800S:

Struktur Pendingin Anyar


Lantaran pemakaian hardware yang lebih powerful, ROG Zephyrus G14 (2022) juga mesti diberi dengan struktur pendingin yang lebih modern. Untuk itu ASUS memperlengkapi laptop gaming ini dengan struktur pendingin anyar yang manfaatkan vapor chamber. Tidak sama dengan heatpipe, vapor chamber punya kekuatan membebaskan panas dengan cara langsung hingga sangatlah sesuai untuk laptop dengan body singkat seperti ROG Zephyrus G14 (2022).

Biar transfer panas di antara elemen dengan vapor chamber jalan secara maksimum, ROG Zephyrus G14 (2022) memanfaatkan liquid metal menjadi thermal compound di CPU serta GPU yang disebut dua elemen pemroduksi panas amat tinggi. Pemakaian liquid metal bikin temperatur CPU serta GPU bisa di turunkan sampai 15⁰C serta bikin ke-2  elemen khusus itu bisa selalu bekerja secara maksimal.

Tidaklah sampai di sana saja, ROG Zephyrus G14 (2022) bahkan juga diberi dengan kipas privat namanya Arc Flow Fan. Kipas itu direncanakan sebegitu rupa hingga bisa mengucurakan udara tidak sekedar secara maksimum, tapi juga kurang turbulensi hingga punya tingkat kegaduhan yang lebih rendah dari kipas yang dipakai di ROG Zephyrus G14 angkatan sebelumnya.

Ditambah lagi, ASUS siapkan empat gaya pemakaian di ROG Zephyrus G14 (2022). Lewat program Armoury Crate, ROG Zephyrus G14 (2022) bisa dirapikan untuk jalan di gaya Silent yang super senyap serta hemat daya, gaya Performnce untuk mendatangkan perform extra, gaya Turbo untuk menanggulangi tugas terberat, dan gaya manual untuk mendatangkan 100% kapasitas perform yang dipunyai oleh ROG Zephyrus G14 (2022).
 
Main Spec. ROG Zephyrus G14 (GA402)
CPU AMD Ryzen™ 9 6900HS Mobile Processor (8-core/16-thread, 16MB cache, up to 4.9 GHz max boost)
AMD Ryzen™ 7 6800HS Mobile Processor (8-core/16-thread, 20MB cache, up to 4.7 GHz max boost

Operating System Windows 11 Home
Memory 1x16GB DDR5 4800MHz
2x8GB DDR5 4800MHz
Storage 1TB M.2 NVMe™ PCIe®4.0 SSD
512GB M.2 NVMe™ PCIe®4.0 SSD
Display 14”, FHD (1920 x 1200) 16:10, IPS, 144Hz, 3ms, Adaptive Sync, Mux Switch, PANTONE Validated, 100% sRGB, 400 nits
Graphics AMD Radeon™ RX 6800S

AMD Radeon™ RX 6700S
Input/Output 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort™, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort™ + power delivery, 2x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 1x card reader (microSD) (UHS-II), 1x 3.5mm Combo Audio Jack
Camera 720P HD IR camera with Windows Hello facial recognition
Connectivity Wi-Fi 6E (802.11ax) + Bluetooth 5.2 (Dual band) 2*2
Audio 4-speaker system with Smart Amplifier Technology, AI noise-canceling technology, Dolby Atmos, Hi-Res certification
Battery 76WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
Dimension 31.2 x 22.7 x 1.95 ~ 1.95 cm
Weight 1.72 Kg
Colors Eclipse Gray, Moonlight White
Price Rp28.999.000 (Ryzen™ 7/RX 6700S/144Hz/2x8GB RAM/512GB SSD)

Rp30.999.000 (Ryzen™ 9/RX 6700S/144Hz/2x8GB RAM/512GB SSD)

Rp32.499.000 (Ryzen™ 9/RX 6800S/144Hz/1x16GB RAM/1TB SSD)
Warranty 2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty

Tidak ada komentar:

Posting Komentar