Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Selasa, 15 Juni 2021

Kota Wisata Seru Dekat Jakarta, Cocok Buat Liburan Sekolah!


Libur sekolah sebentar lagi nih! Sudah ada rencana mau ngapain aja untuk mengisi waktu anak selama libur sekolah? Bagaimana jika mengajak mereka liburan singkat ke luar kota? Hitung-hitung sebagai waktu refreshing karena sudah berhasil menyelesaikan ujian. Selain itu, liburan bisa jadi momen seru setelah sekitar setahun lebih belajar dari rumah karena pandemi.

 

Ada banyak kota menarik di Pulau Jawa yang bisa jadi tujuan liburan kamu dan keluarga. Kota-kota tersebut juga bisa ditempuh dengan naik transportasi umum. Kamu bisa pilih naik kereta api untuk menghemat biaya perjalanan sekaligus menciptakan pengalaman seru bonding dengan anak selama di dalam kereta.

 

Nah, kota mana saja di Jawa yang bisa dicapai dengan naik kereta api dan punya banyak pilihan wisata menarik untuk dikunjungi? Berikut infonya!

1. Bandung

Kota yang satu ini memang jadi surganya tempat liburan seru bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Bisa ditempuh dalam waktu sekitar 3 jam dari Jakarta, Bandung punya banyak sekali ragam pilihan tempat wisata yang bisa jadi tujuan refreshing bersama keluarga. Mulai dari wisata alam hingga kuliner bisa ditemukan dengan mudah di kota ini!

 

Area Lembang dan Ciwidey bisa jadi pilihan yang menarik jika kamu dan keluarga suka dengan wisata alam. Namun kamu harus tentukan apakah akan ke area Lembang atau Ciwidey karena keduanya berada di kawasan yang berbeda dengan jarak yang lumayan; Lembang di Bandung Barat dan Ciwidey di Bandung selatan.

 

Alternatifnya kamu bisa mengunjungi Lembang di hari pertama dan Ciwidey di hari kedua. Dijamin kamu sekeluarga bisa mengunjungi banyak tempat wisata hits di kedua wilayah tersebut.

 

Contohnya saja di daerah Lembang dan sekitarnya kamu bisa main ke Gunung Tangkuban Perahu, lalu mampir ke Orchid Forest, Floating Market lembang, Farm House dan makan sambil menikmati indahnya pemandangan di Lereng Anteng atau Tafso Barn yang lokasinya berdekatan. 

 

Jika ingin ke daerah Selatan, ada Kawah Putih Ciwidey yang keindahannya begitu mempesona, Situ Patenggang untuk piknik santai bersama keluarga di tengah sejuknya pemandangan, ada juga Glamping Lakeside jika kamu ingin menginap sekaligus melakukan berbagai aktivitas menarik yang tersedia di sana, seperti flying fox, jelajah hutan dan sebagainya.

 

Walaupun hanya ingin menghabiskan waktu di sekitaran pusat Kota Bandung, pilihan wisatanya pun tak kalah menarik. Termasuk banyak mal-mal modern yang bisa dikunjungi, wisata kuliner di sekitaran Jalan Riau, bangunan bersejarah di sekitaran Jalan Asia Afrika dan Braga, Alun-alun kota dan masih banyak lainnya. Intinya kamu tidak akan kehabisan opsi tempat liburan menarik di Bandung!

2. Cirebon

Bisa ditempuh dengan kereta api sekitar 3 jam perjalanan, Cirebon juga bisa jadi pilihan tempat wisata asyik untuk liburan bersama keluarga lho! Pilihan tempat wisatanya ada banyak; mulai dari wisata kuliner, wisata alam hingga wisata budaya dan religi yang bisa dikunjungi.

 

Special mention ke makanan khas Cirebon yang sayang sekali untuk dilewatkan. Ada nasi jamblang yang fenomenal, empal gentong dengan rasa gurih yang khas, dan jangan lupa juga untuk cicipi tahu gejrot di kota asalnya; Cirebon.

 

Selain itu Cirebon juga punya taman bermain menarik untuk segala umur, ada juga taman rekreasi keluarga seperti Ade Irma Suryani Waterland yang punya pasir putih mirip pantai, kolam renang keren yang sudah memiliki standar Olimpiade, banyak wahana air dan ada juga cottage untuk menginap lho!

 

Cirebon juga punya banyak wisata sejarah dan budaya yang menyimpan barang-barang peninggalan sejarah dan benda pusaka keraton dan masih banyak lainnya. Interior dan eksterior bangunan keraton di Cirebon pun begitu megah dan indah. Kalau main ke kota ini, jangan lupa mampir ke keraton ya!

3. Yogyakarta

Kota yang satu ini tidak perlu lagi diragukan lagi! Sudah dikenal sebagai kota tujuan wisata terpopuler di Pulau jawa, yogyakarta punya banyak sekali pilihan tempat wisata menarik yang bisa kamu kunjungi dengan keluarga.

 

Suka dengan wisata alam? Yogyakarta punya banyak pilihan tempat wisata yang bisa dikunjungi, seperti Pantai Parangtritis yang ikonik, tur Merapi, melipir ke kawasan Kalibiru, Kebun buah Mangunan, Gua Pindul dan masih banyak lagi lainnya.

 

Yogyakarta juga punya spot wisata belanja, wisata edukatif dan juga wisata kuliner yang termahsyur kemana-mana. Naik kereta dari Jakarta ke Yogyakarta dapat ditempuh sekitar 8 jam perjalanan. Sedikit banyak mirip dengan jika Anda nyetir mobil sendiri ke Yogyakarta.

 

Tapi bukankah jauh lebih nyaman dan seru jika naik kereta ke Yogyakarta? Kamu punya banyak waktu untuk mengobrol dengan keluarga, bisa menikmati pemandangan dan juga tidak terlalu capek dibandingkan nyetir sendiri.

 

Nah, mana nih kota pilihanmu untuk pergi berlibur sejenak bersama keluarga di momen libur sekolah kali ini? 

 

Jika sudah memutuskan, ada baiknya beli tiket keretanya dari sekarang agar tidak sampai kehabisan tiket. Agar nyaman, kamu bisa cek kereta dari Stasiun Gambir yang merupakan stasiun besar di Jakarta yang punya fasilitas yang lengkap dan rute perjalanan lengkap sehingga waktu berangkat pun jadi lebih nyaman. Selamat berlibur dan tetap patuhi protokol kesehatan ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar